Breaking News:

Tetap Tumbuh di Tengah Pandemi Covid-19, Nasabah PNM Kian Bertambah, Sasar Pelaku UMKM

PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM berhasil menambah nasabah meski di tengah pandemi Covid-19.

Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam | Editor: Siti Fatimah
PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM yang merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini memiliki tugas khusus dalam upaya pemberdayaan dan pengembangan UMKM di Indonesia. 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Pandemi Covid-19 tampaknya tidak menjadi penghalang bagi masyarakat untuk mengembangkan Usaha Menengah, Kecil, dan Mikro (UMKM).

Geliat di bidang perekonomian masyarakat ini di antaranya terlihat dari semakin banyaknya nasabah PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM walau di tengah pandemi.

Sekretaris Perusahaan PT PNM, Errinto Pardede, mengatakan PNM yang merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini memang memiliki tugas khusus dalam upaya pemberdayaan dan pengembangan UMKM di Indonesia.

Baca juga: Lowongan Kerja Terbaru BUMN di PT Perkebunan Nusantara IX Juni 2021 untuk Lulusan D3, Daftar di Sini

Masyarakat pun dapat memperoleh pembiayaan usaha dari BUMN ini.

BUMN yang berdiri pada 1999 ini, katanya, malah mengalami penambahan nasabah selama pandemi, dari awalnya sekitar 6 juta nasabah pada awal pandemi di April 2020, kemudian bertambah menjadi 9,5 juta pada 2021, se-Indonesia.

"Makanya tim PNM sekarang bertambah jadi 53 ribu orang. Sebelum pandemi baru sekitar 30 ribuan. Selama pandemi kita rekrut 12 ribu karyawan. Nasabah saat krisis April 2020, levelnya 6 juta, dalam satu tahun bertambah nasabah jadi 9,5 juta," kata Pardede dalam kegiatan diskusi di Kota Bandung, Kamis (10/6).

Baca juga: Kunjungi PT LEN, Menperin Minta BUMN Ini Jadi Integrator Teknologi Elektronik untuk Alutsista

PNM pun memperkenalkan inovasi layanan pinjaman modal untuk usaha mikro dan kecil dengan pembiayaan langsung bagi perorangan dan badan usaha melalui Unit Layanan Modal Mikro (PNM ULaMM).

PNM ULaMM dilengkapi dengan pelatihan, jasa konsultasi, pendampingan, serta dukungan pengelolaan keuangan dan akses pasar bagi nasabah.

Seiring perkembangan usaha, PNM kemudian meluncurkan layanan pinjaman modal untuk perempuan prasejahtera pelaku usaha Ultra mikro melalui program Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (PNM Mekaar).

PNM Mekaar dikuatkan dengan aktivitas pendampingan usaha dan dilakukan secara berkelompok.

Baca juga: Abdee Slank Jadi Komisaris Telkom, Ini Daftar Relawan Jokowi yang Jadi Komisaris BUMN

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved