Breaking News:

KABAR BAIK, UPN Veteran Jakarta Sediakan Beasiswa Khusus Bagi Mahasiswa Asal Daerah Ini

Bupati Indramayu melakukan MoU dengan UPN Veteran salah satunya pengadaan beasiswa khusus bagi mahasiswa asal Indramayu

Istimewa
Bupati Indramayu Nina Agustina saat menandatangani kerjasama dengan UPN Veteran Jakarta 

TRIBUNCIREBON.COM, INDRAMAYU - Bupati Indramayu, Nina Agustina mengakui, rendahnya indeks pembangunan manusia (IPM) masih menjadi persoalan di Kabupaten Indramayu.

Pemerintah daerah pun mencoba menjalin kerjasama dengan Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jakarta untuk mendongkrak peningkatan IPM tersebut.

Dengan adanya kerjasama ini calon mahasiswa asal Indramayu yang hendak menempuh pendidikan di UPN Veteran Jakarta bakal mendapat kesempatan khusus melalui program alternatif penjaringan mandiri hingga mendapat beasiswa khusus.

Nina Agustina mengatakan, di Kabupaten Indramayu ada tiga sektor yang dianggap masih menjadi persoalan karena rendahnya IPM.

Yakni, di sektor pendidikan, kesehatan, dan perekonomian.

"Asset kita bersama ini hendaknya dapat dipecahkan bersama untuk mensejahterakan masyarakat Indramayu. Melalui kerjasama dengan civitas akademika UPN," ujar dia, Kamis (10/6/2021).

Menurut Nina Agustina, bilamana tiga persoalan itu bisa diatasi, maka kemiskinan di Kabupaten Indramayu pun dapat terus ditekan.

Dalam hal ini, ia juga meminta bantuan UPN Veteran Jakarta untuk melakukan kajian dan penelitian di wilayah Kabupaten Indramayu.

Sementara itu, Rektor UPN Jakarta Erna Hernawati mengatakan, sebagai salah satu perguruan tinggi negeri, pihaknya sangat terbuka bilamana Pemkab Indramayu ingin menjalin kerjasama.

Erna Hernawati menjelaskan, kerjasama itu bisa melalui pemberian beasiswa bagi mahasiswa asal kabupaten Indramayu yang mengikuti jenjang pendidikan di UPN Veteran Jakarta dan lain sebagainya.

UPN Veteran Jakarta pun, menyambut baik keinginan Bupati Indramayu dan akan menjadikan Indramayu sebagai lokasi penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan. 

Ia juga berjanji akan menjadikan Kabupaten Indramayu sebagai tempat para dosen dan mahasiswa untuk mempraktekan ilmunya yang diperoleh di kampus untuk diterapkan di masyarakat.

"Apalagi tadi disebutkan Indramayu angka stuntingnya masih tinggi, sehingga diperlukan penelitian dari kalangan akademisi," ujar dia.

Penulis: Handhika Rahman
Editor: Siti Fatimah
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved