Breaking News:

Sediakan Timbangan Ukur Ulang di Pasar dan TPI, Komitmen Bupati Kendal Menuju Daerah Tertib Ukur

Kementerian Perdagangan secara konsisten mendorong pemerintah daerah untuk terus secara berkesinambungan mewujudkan tertib ukur

Istimewa

TRIBUNJABAR.ID Kendal, 7 Juni 2021 – Pemerintah Daerah Kabupaten Batang mempersiapkan diri untuk menjadi Daerah Tertib Ukur (DTU). Salah satu wujud komitmen Pemerintah Kendal untuk menjadi DTU tersebut adalah dengan menyediakan Timbangan Ukur Ulang. Hal ini terlontar pada saat sambutan yang disampaikan oleh Bupati Kendal, Dico Ganindito pada saat peresmian Pos Ukur Ulang di Pasar Weleri pada Senin (7/6).

Dalam sambutannya, Dico mengucapkan terima kasih atas dukungan dan bantuan dari Direktorat Metrologi Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan yang telah memberikan sarana Timbangan Ukur Ulang untuk mewujudkan Kendal menjadi Daerah Tertib Ukur sehingga pada akhirnya memberikan manfaat dalam menumbuhkan perekonomian masyarakat di Kabupaten Kendal.

“Pemerintah Daerah Kabupaten Kendal berkomitmen dalam mendorong bagaimana ukuran, takaran, dan timbangan menjadi hal yang penting sehingga tidak hanya memberikan perlindungan kepada masyarakat tetapi juga dapat memberikan manfaat bagi perekonomian Kendal.” ujar Dico. Keterpaduan antara pemangku kepentingan di Kabupaten Kendal dalam rangka mewujudkan DTU akan mendorong munculnya kepercayaan masyarakat dan juga pelaku usaha. Bupati Kendal menambahkah bahwa Pemerintah Daerah memiliki komitmen untuk membangun hal tersebut.

Hal ini diamini oleh Direktur Metrologi, Rusmin Amin dalam acara peresmian tersebut. Rusmin menyatakan salah satu yang dilakukan oleh Direktorat Metrologi untuk pemulihan ekonomi nasional melalui upaya menjaga kepercayaan konsumen dalam hal transaksi perdagangan. Melalui program peningkatan tertib ukur seperti optimalisasi kinerja pemerintah daerah dalam penyelenggaraan pelayanan tera dan tera ulang serta pengawasan metrologi legal, pemberdayaan masyarakat dan pembinaan terhadap para pelaku usaha pengguna alat Ukur, Takar, Timbang dan Perlengkapannya (UTTP) serta produsen/pengemas Barang Dalam Keadaan Terbungkus (BDKT).

metrologi01b
Kamis 9/6 (Istimewa)

“Kementerian Perdagangan secara konsisten mendorong pemerintah daerah untuk terus secara berkesinambungan mewujudkan tertib ukur dalam kerangka membentuk konsumen yang berdaya dan pelaku usaha yang bertanggung jawab’’, tambah Rusmin.

Selain peresmian Timbangan Ukur Ulang di Pasar Weleri, Rusmin Amin juga meresmikan Timbangan Ukur Ulang di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Gempol Sewu, Kecamatan Rowosari, Kabupaten Kendal. Didampingi oleh Sekretaris Dinas Perdagangan Kabupaten Kendal, Rusmin memberikan penjelasan dan edukasi kepada pedagang dan konsumen di TPI tentang kegunaan dan manfaat dari Timbangan Ukur Ulang ini.

Metrologi01c
Kamis 9/6 (Istimewa)

‘’Pemberian Timbangan Ukur Ulang di TPI ini merupakan salah satu upaya Pemerintah Kendal untuk dapat meningkatkan keberdayaan masyarakat dalam hal metrologi legal dan mendorong pelaku usaha dalam hal ini pedagang untuk lebih peduli terhadap timbangan yang digunakan dalam bertransaksi tak terkecuali di Tempat Pelelangan Ikan’’, ujar Sekdis kala mendampingi Rusmin Amin.

Dalam kesempatan yang berbeda Dirjen Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Veri Anggrijono menyampaikan dukungannya kepada Kabupaten Kendal untuk menjadi Daerah Tertib Ukur. Veri juga mengharapklan sinergi antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah tetap terjaga dan Kementerian Perdagangan secara konsisten mendorong pemerintah daerah untuk terus secara berkesinambungan mewujudkan tertib ukur dalam kerangka membentuk konsumen yang berdaya dan pelaku usaha yang bertanggung jawab.

‘’Kami mengharapkan inovasi dan terobosan dapat terus dilakukan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Kendal dalam mencapai sasaran strategis Daerah Tertib. Sudah banyak contoh Pemerintah Daerah yang melakukan inovasi dan terobosan yang bisa dijadikan model untuk dikembangkan sesuai dengan karakterisik loka dari Kabupaten Kendal sehingga memberikan ciri khas yang berbeda dengan daerah yang lain’’ pungkas Veri.

Editor: bisnistribunjabar
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved