Breaking News:

Pengakuan Sugianto, Pembantu Rumah Tangga yang Beli Vila Rp 3 Miliar di Sukabumi

pembelian vila di Sukabumi itu berkaitan kasus suap perizinan ekspor benur yang menjerat mantan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Edhy Prabowo

Istimewa
Sejumlah petugas KPK saat saat melakukan penyitaan Vila yang diduga milik Edhy Prabowo. Vila ini kemudian dibeli atas nama Sugianto yang merupakan pembantu istri Edhy Prabowo. 

TRIBUNJABAR.ID, JAKARTA- Sugianto, seorang pembantu rumah tangga, mengaku diperalat dalam kasus pembelian vila senilai Rp 3 miliar di Sukabumi, Jawa Barat.

Kasus pembelian vila di Sukabumi itu merupakan bagian dari kasus suap perizinan ekspor benur yang menjerat mantan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP), Edhy Prabowo.

Dalam persidangan pada Selasa (8/6/2021), Sugianto dihadirkan sebagai saksi. 

Ia mengaku sebagai asisten rumah tangga yang bertugas menjaga rumah istri Edhy, Iis Rosita Dewi.

Soal pembelian vila di Sukabumi, dalam kesaksiannya, Sugianto mengaku cuma diperalat. Namanya dicatut Sekretaris Pribadi (Sespri) Edhy Prabowo, Amiril Mukminin, dalam pembelian vila tersebut.

Menurut Sugianto, pencatutan namanya oleh Amiril Mukminin agar proses pembelian vila lancar. Sugianto pun dijanjikan akan diperkerjakan untuk menjaga vila di Sukabumi tersebut.

Baca juga: Hanya Memilah-milah Dokumen, Gaji Staf Edhy Prabowo Bikin Jaksa Heran, Rp 31 Juta

"Amiril sempat berpesan agar proses pembelian lancar dan suatu saat saya akan menjaga vila itu. Dia (Amiril) hanya mengatakan vila itu yang punya temannya," kata Sugianto melalui video conference di lanjutan sidang dugaan tindak pidana korupsi ekspor benih benur lobster (BBL) di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Selasa (8/6/2021) dikutip dari Antara.

Sugianto kemarin dihadirkan untuk menjadi saksi atas enam terdakwa sekaligus yaitu Edhy Prabowo, Andreau Misanta Pribadi, Safri, Amiril Mukminin, Ainul Faqih, dan Siswadhi Pranoto Loe.

Sehari-hari Sugianto bekerja sebagai penjaga di rumah Iis Rosita Dewi, anggota DPR fraksi Gerindra yang juga istri Edhy Prabowo. "Tugas saya di rumah jabatan memberi makan ikan," katanya.

Sugianto mengaku pernah diminta untuk mengantarkan uang Rp 1,45 miliar ke Bandung pada Juli 2020 bersama Amiril, Aden, dan adik Edhy Prabowo yaitu Dedy Harianto.

Halaman
123
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved