Breaking News:

Kemenparekraf Bantu Pengusaha Wisata Jutaan Rupiah, Termasuk Kuliner dan Fesyen, Ini Cara Daftarnya

Kemenparekraf kembali memberikan Bantuan Intensif Pemerintah (BIP) tahun 2021 untuk dua kategori, yaitu BIP Reguler dan BIP Jaringan Pengaman Usaha

Editor: Darajat Arianto
Istimewa
ILUSTRASI - Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika menjadi salah satu dari sepuluh kepala daerah yang diundang dalam kolaboraksi dalam rangka pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif yang digelar Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) di Jakarta, Rabu 19 Mei 2021. 

 
TRIBUNJABAR.ID -  Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) kembali memberikan Bantuan Intensif Pemerintah atau BIP di tahun 2021 ini. 

Ada dua kategori BIP yang diberikan oleh Kemenparekraf di tahun 2021 ini yaitu BIP Reguler dan BIP Jaringan Pengaman Usaha (JPU). 

 

Masing-masing kategori akan mendapatkan jumlah bantuan yang berbeda. Penerima BIP reguler akan mendapatkan bantuan dana maksimal sebesar Rp 200.000.000. 

Baca juga: Kemenparekraf dan KLHK Berkolaborasi Kembangkan Wisata Alam Berbasis Konservasi

Dana tersebut bisa untuk penambahan modal kerja dan/atau investasi aktiva tetap dalam rangka meningkatkan kapasitas usaha dan atau produksi pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif.

Sedangkan penerima BIP JPU tahun 2021 akan mendapatkan bantuan dana sebesar Rp 20.000.000. 

Dana yang diberikan dapat digunakan untuk penambahan modal kerja dan/atau investasi aktiva tetap dalam rangka dalam rangka membantu keberlangsungan usaha pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif khususnya yang terdampak pandemi Covid-19.

Untuk program BIP Reguler, dapat didaftar oleh pelaku usaha aplikasi, game developer, kriya, fesyen, kuliner, film,/video dan animasi, serta sektor pariwisata

Pengusaha bidang kuliner, fesyen, dan kriya bisa mendaftar program BIP JPU dari Kemenparekraf. 

Baca juga: Sandiaga Uno Ajak Masyarakat Bikin Konten Kreatif Apresiasi Desa Wisata Berhadiah Miliaran Rupiah

Pendaftaran BIP dari Kemenparekraf ini dibuka mulai 4 Juni hingga 4 Juli 2021. Penting untuk diingat jika pendaftaran bantuan dari pemerintah ini tidak dipungut biaya apapun. 

Mari cermati cara mendaftar BIP tahun 2021 dari Kemenparekraf di bawah ini, dirangkum dari laman aksespembiayaan.kemenparekraf.go.id. 

Baca juga: Jabar Siapkan 100 Desa Ikut Anugerah Desa Wisata Indonesia, Kategori Budaya Hingga Konten Kreatif

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved