Breaking News:

Kasus Covid-19 di Kabupaten Bandung Melonjak, Rumah Sakit Ini Dijadikan Tempat Perawatan Pasien

Kasus Covid-19 di Kabupaten Bandung melonjak, bangunan Rumah Sakit Soreang lama, akan dijadikan tempat isolasi dan perawatan pasien

ISTIMEWA
ilustrasi covid- Kasus Covid-19 di Kabupaten Bandung melonjak, bangunan Rumah Sakit Soreang lama, akan dijadikan tempat isolasi dan perawatan yang terpapar Covid 19. 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG- Kasus Covid-19 di Kabupaten Bandung melonjak, bangunan Rumah Sakit Soreang lama, akan dijadikan tempat isolasi dan perawatan yang terpapar Covid 19.

Kepala Dinas Kabupaten Bandung, Grace Mediana, mengatakan, kenaikan kasus terkonfirmasi Covid- 19, bukan hanya di Kabupaten Bandung saja, tapi di seluruh daerah karena dampak dari libur lebaran.

"Memang di Kabupaten Bandung, terdapat peningkatan kasus yang lumayan dibanding sebelumnya. Dalam kondisi ini kita melihat BOR di kabupaten sudah cukup tinggi,  dengan jumlah penduduk 3,7 juta jiwa, hanya 7 rumah sakit yang menangani Covid, dengan total bed sebanyak 300," ujar Grace, saat berada di kantornya, yang berada di Soreang, Kabupaten Bandung, Rabu (9/5/2021).

Baca juga: Angka Kematian Kasus Positif Covid di Majalengka Capai 288 Orang, Dinkes Sebut Disebabkan Hal Ini

Memang peningkatan kasus Covid- 19, di Kabupaten Bandung cukup pesat, menurut data dari website pusat informasi dan kordinasi Covid- 19 Jawa Barat, dalan kurun waktu 1Juni 7 Juni 2021, mencapai 912 kasus.

"Sampai saat ini, keterisian bed (untuk pasien Covid di Kabupaten Bandung) sampai 81 persen, kemarin sempat mencapai 84 persen," kata Grace.

Grace mengungkapkan, pihaknya mengantisipasinya melihat setelah libur itu memerlukan waktu. 

"Di antaranya, untuk BOR, kami mendapatkan informasi Dinkes Jabar akan ada penambahan 40 bed di RS Al -Ihsan, di RSKK (Cicalengka) 15 bed, 12 kuning, 3 bed merah. Sehingga ada penambahan 55 bed di dua RS provinsi Jabar yang berada di Kabupaten Bandung," ucap dia.

Selanjutnya, kata Grace, pihaknya juga akan memanfaatkan Rumah Sakit Soreang lama, kini tengah proses pemindahan ke RS Otista yang berada di Jalan Gading Tutuka, Soreang.

Baca juga: Kasus Covid-19 di Kabupaten Cirebon Tembus 10 Ribu Orang, 9065 Diantaranya Sudah Sembuh

"Hari ini hari ketiga, pemindahan, diawali poli klinik, berjalannya waktu mudah mudahan satu bulan kepindahan Rumah sakit Soreang ke RS Otista," katanya.

Sehingga, menurut Grace  RS lama akan dimanfaatkan seiizin pimpinan, Bupati Bandung, Dadang Supriatna, bahwa akan digunakan untuk penanganan Covid.

"Di situ akan kami siapkan 100 bed, 10 untuk kategori merah, 30 untuk kuning, 50 untuk hijau. Itu antisipasi kami untuk penangan Covid di Kabupaten Bandung," katanya.

Menurut Grace,  sekarang pemindahan RS tersebut dari sisi prasarana sudah mulai diinpentarisir.

"Kami prediksi satu bulan ke depan, kemudian kami akan Melihat anggaran yang ada untuk memenuhi alat kesehatan yang diperlukan," tuturnya.

Penulis: Lutfi Ahmad Mauludin
Editor: Siti Fatimah
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved