Breaking News:

Dalami Kasus Korupsi Bansos KBB, KPK Periksa 36 ASN dan Swasta, Ini Kata Hengky Kurniawan

Pemeriksaan tersebut berkaitan dengan kasus dugaan korupsi pengadaan barang tanggap darurat bencana Covid-19 pada Dinas Sosial KBB tahun 2020

Anggota Satpol PP KBB saat berjaga di salah satu ruangan yang didatangi penyidik KPK. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG BARAT - Sebanyak 36 Aparatur Sipil Negara (ASN) dan pihak swasta diperiksa penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Kompleks Perkantoran Pemkab Bandung Barat, Rabu (9/6/2021).

Pemeriksaan tersebut berkaitan dengan kasus dugaan korupsi pengadaan barang tanggap darurat bencana Covid-19 pada Dinas Sosial Kabupaten Bandung Barat (KBB) tahun 2020.

Dalam kasus tersebut, KPK telah menetapkan tersangka Bupati Bandung Barat Nonaktif Aa Umbara, Andri Wibawa,  dan M Totoh Gunawan.

Aa Umbara diduga telah menerima uang sejumlah sekitar Rp 1 miliar. Sedangkan M Totoh diduga telah menerima keuntungan sejumlah sekitar Rp2 miliar dan Andri juga diduga menerima keuntungan sejumlah sekitar Rp 2,7 miliar.

Pantauan Tribun Jabar, Lembaga Antirasuah ini menggunakan ruangan di Lantai 2 Setda KBB untuk memeriksa sejumlah saksi yang terdiri dari berbagai organisasi perangkat daerah (OPD) dan pihak swasta.

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan, mengatakan, bagi ASN yang diperiksa KPK, harus tetap kooperatif supaya mendukung langkah hukum dan menjadikan Bandung Barat lebih baik.

"Kalau untuk total keseluruhan yang saya tahu 36 orang," ujarnya kepada wartawan di Perkantoran Pemkab Bandung Barat.

Baca juga: Kasus Korupsi Pengadaan Bansos Covid-19, Pengacara Hotma Sitompul Disebut Saksi

Namun, dari jumlah tersebut, Hengky tidak mengetahui secara pasti rinciannya, tetapi pihaknya memastikan ada beberapa OPD Pemkab Bandung Barat yang diperiksa KPK.

Hanya saja dia memastikan tidak ada nama dirinya.

Halaman
12
Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Seli Andina Miranti
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved