Breaking News:

TPA Sarimukti di Bandung Barat Sudah Kritis, Hal Ini yang Harus Segera Dilakukan

Mitigasi bencana perlu dilakukan di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sarimukti setelah TPA Sarimukti ini dinyatakan overload atau melebih kapasitas.

Istimewa
Dampak longsor di daerah Sarimukti 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG BARAT - Mitigasi bencana perlu dilakukan di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sarimukti setelah TPA Sarimukti ini dinyatakan overload atau melebih kapasitas.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Pemkab Bandung Barat, Anugerah, mengatakan, untuk antisipasi terjadinya longsor sampah di TPA Sarimukti, harus ada langkah pencegahan yang harus dilakukan supaya kejadian bencana longsor sampah tidak terjadi.

Baca juga: Longsor di 7 Titik di TPA Sarimukti Gara-gara Sudah Melebihi Kapasitas, Was-was Kalau Hujan

"Masalah overload, harus ada mitigasi dan sekarang harus ada langkah-langkah (antisipasi), jangan sampai nanti tiba-tiba ada longsor seperti di Leuwigajah," ujarnya di Kantor Pemda KBB, Selasa (8/7/2021).

Selain itu, kata Anugerah, untuk antisipasi bencana longsor sampah di TPA Sarimukti itu, pihak terkait harus segera menangani dampak lingkungan yang sudah terjadi, maupun yang akan terjadi kedepannya.

Apalagi, dia menilai bahwa sarana dan prasarana di TPA Sarimukti itu hingga saat ini belum memadai. Termasuk akses jalan untuk truk sampah. Untuk itu, pihaknya meminta Pemprov Jabar segera memperbaiki jalan itu agar pengangkutan sampah bisa lancar.

Baca juga: Usai Antar Seorang Janda, Mobil Pria Ini Rusak Parah Gara-gara Diamuk Warga, Disangka Ini

"Kalau sekarang kan, banyak truk-truk yang terguling karena aksesnya tidak lancar. Jadi pengangkutan juga terhambat, bahkan dari hulunya juga banyak sampah yang tidak terangkut," kata Anugerah.

Dengan adanya masalah itu, kata dia, kerap terjadi antrean truk sampah yang akan masuk ke TPA Sarimukti, sehingga hal ini juga harus segera ditangani agar pengangkutan sampah tetap normal.

"Solusinya paling kita harus mengurangi sampah dari setiap wilayah atau hulunya, walaupun tidak banyak dan jumlahnya relatif kecil," ucapnya.

Terkait rencana penutupan TPA Sarimukti pada tahun 2023, pihaknya harus segera menyediakan lahan sendiri yang rencananya tetap di sekitar TPA Sarimukti karena masyarakat di sana sudah terbiasa dengan adanya TPA.

"Langkah-langkah kami ya harus punya TPA sendiri di sekitar situ juga, TPA Sarimukti karena masyarakat di sana sudah welcome dengan sampah," kata Anugerah.

Baca juga: Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum Positif Covid-19, Ridwan Kamil Minta Doa Ini Dihadapan Wakil Presiden

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Mega Nugraha
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved