Breaking News:

Makanan Berserat Tinggi Ini Bisa Bantu Daya Tahan Tubuh dan Tumbuh Kembang Anak, Mudah Didapat

Serat merupakan salah satu jenis zat gizi yang penting untuk dikonsumsi oleh anak yang juga berguna untuk meningkatkan sistem daya tahan tubuh

shutterstock.com
illustrasi balita sehat- Cara mudah untuk memastikan anak mendapat cukup serat adalah dengan memperkenalkan anak dengan berbagai jenis serat, hingga membiasakan konsumsi makanan berserat. 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Serat merupakan salah satu jenis zat gizi yang penting untuk dikonsumsi oleh si kecil agar sistem pencernaan bisa bekerja dengan optimal. 70% komponen sistem daya tahan tubuh terdapat pada pencernaan[1] dan merupakan faktor penting untuk mendukung tumbuh kembang dan kesehatan holistik si Kecil.

Namun, konsumsi makanan berserat pada anak-anak masih harus terus didorong karena masih belum menjadi perhatian banyak orang tua di Indonesia.

Kecukupan serat anak Indonesia masih belum memenuhi standar rekomendasi asupan serat harian.

Baca juga: Manfaat Besar Buah Kelengkeng bagi Kesehatan, Kandungan Anti-Oksidan Tinggi dan Kaya Serat

Dari data Riskesdas (Riset Kesehatan Dasar) tahun 2018, 95,5 persen penduduk Indonesia berusia di atas 5 tahun masih kurang konsumsi serat.

Penelitian lain juga menunjukkan bahwa 9 dari 10 anak kekurangan asupan serat, dimana rata-rata anak Indonesia usia 1-3 tahun hanya memenuhi ¼ (seperempat) atau rata-rata 4,7 gram per hari dari total kebutuhan hariannya..

Jumlah ini masih jauh di bawah angka kecukupan gizi (AKG) yang direkomendasikan, yaitu 19 gram serat setiap harinya.

Dokter Spesialis Anak Konsultan dan Ahli Gastrohepatologi, Dr. dr. Ariani Dewi Widodo, Sp.A(K) mengatakan, Konsumsi makanan berserat tidak bisa diremehkan.

Kebutuhan serat yang tercukupi dapat membantu optimalisasi kesehatan saluran cerna yang krusial bagi tumbuh kembang dan kesehatannya.

Pencernaan yang sehat akan membuat nutrisi makanan terserap dengan baik, yang juga akan berdampak pada sistem daya tahan tubuh anak menjadi lebih baik, dapat memberikan perkembangan yang optimal ke otak, bahkan dapat dapat mempengaruhi emosi anak.

Baca juga: Bingung Masak Apa untuk Berbuka? Yuk Buat Lotek, Makanan Sehat Tinggi Serat, Ini Resepnya!

Selain itu, pola makan dengan serat yang cukup juga mencegah anak mengalami sembelit (konstipasi) dan dapat meningkatkan sistem daya tahan tubuh, sehingga mengurangi risiko terjadinya penyakit tidak menular seperti obesitas di kemudian hari.

Halaman
123
Editor: Siti Fatimah
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved