Breaking News:

Bisa Kurangi 20 Persen Tinggi Air, Ratusan Pohon Ditanam di Bantaran Sungai Citarum Rengasdengklok

atusan bibit pohon ditanam di bantaran Sungai Citarum wilaya Kecamatan Rengasdengklok Kabupaten Karawang

Tribun Jabar / Cikwan
atusan bibit pohon ditanam di bantaran Sungai Citarum wilaya Kecamatan Rengasdengklok Kabupaten Karawang 

Laporan Kontributor Tribunjabar.id, Karawang, Cikwan Suwandi

TRIBUNJABAR.ID,KARAWANG- Ratusan bibit pohon ditanam di bantaran Sungai Citarum wilayah Kecamatan Rengasdengklok Kabupaten Karawang oleh PT Pupuk Kujang.

Penanaman pohon di bantaran Sungai Citarum itu bersamaan dengan peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

“Hari ini, kita menanam 700 pohon, lalu dilanjutkan bertahap melalui program Sakasapo 1000 pohon,” ujar Maryadi. “Tapi dengan jumlah karyawan Pupuk Kujang yang lebih dari 1000 orang, kemungkinan bakal lebih dari 1000 pohon,” Direktur Utama Pupuk Kujang, Maryadi, saat diwawancarai pada Selasa (8/6/2021).

Baca juga: Istri Siri di Bandung Dibunuh Karena Hal Sepele, Ini Hukuman yang Harus Dijalani Sutarman

Dia menuturkan, dalam peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Pupuk Kujang menyelenggarakan Kujang Environment Festival (KURVA) 2021.

Maryadi menambahkan jenis pohon yang ditanam adalah pohon buah diantaranya durian, mangga, rambutan, dan pohon buah lainnya. Berbagai pohon itu akan ditanam melalui program Sakasapo atau satu karyawan satu pohon.

Ia mengatakan, manfaat menanam pohon di bantaran sungai diantaranya mencegah banjir dan bisa mengurangi ketinggian banjir hingga 20 persen.

“Pohon sifatnya menyerap air, sehingga mudah-mudahan bisa menyerap air saat air Sungai Citarum sedang tinggi. Selain itu buah dari tanaman ini bisa bermanfaat untuk pengunjung dan warga sekitar,” kata Maryadi.

Baca juga: BREAKING NEWS: Persib Bandung akan Tampil di Piala Wali Kota Solo, Begini Alasan Robert Alberts

Selain menanam ribuan pohon, pihaknya memulai pembuatan fasilitas rekreasi dan edukasi berupa jogging track, taman, hidram, bio reaktor, hingga pembangkit listrik hybrid.

“Ke depannya ini akan jadi taman edukasi ramah lingkungan yang berfungsi sebagai green public space untuk masyarakat sekaligus melakukan konservasi sumber daya alam dengan program-program yang baik,” ujar Maryadi.

Komandan Sektor 19 Citarum, Kolonel Chb Widodo mengapresiasi konsistensi Pupuk Kujang dalam mendukung program Citarum Harum.

"Kami berterima kasih pada Pupuk Kujang karena selalu sinergi dengan Sektor 19 Citarum harum dalam mendukung program-program kita yang berkaitan dengan pelesrarian alam," kata Widodo.

Penulis: Cikwan Suwandi
Editor: Mega Nugraha
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved