Breaking News:

Bisa Ganggu Ginjal Hingga Picu Kanker, Kemasan Pangan Idola Masyarakat Ini Berbahaya Bagi Kesehatan

Kemasan pangan yang menjadi pembungkus makanan idola masyarakat ini megandung zat kontak pangan yang berbahaya bagi kesehatan

Twitter
ilustrasi Bungkus gorengan - Kemasan pangan yang menjadi pembungkus makanan idola masyarakat ini megandung zat kontak pangan yang berbahaya bagi kesehatan. 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Permasalahan keamanan kemasan pangan selama ini belum diperhatikan dan masih jarang sekali diperbincangkan di publik.

Nyatanya, banyak bahan kimia beracun yang ternyata digunakan dalam pembuatan kemasan makanan, terutama dalam kemasan plastik.

Salah satunya zat tambahan yang digunakan dengan alasan fleksibilitas, pewarnaan, ketahanan terhadap panas dan matahari.

Tidak hanya berpengaruh pada pencemaran lingkungan, hal tersebut juga berbahaya bagi kesehatan makhluk hidup, terutama manusia.

Baca juga: Selain Dikebiri Pakai Zat Kimia, Pencabul Anak juga akan Dipasangi Gelang Elektronik, Biar Terpantau

Direktur Program Gita Pertiwi, Titik Eka Sasanti mengatakan, dalam konteks kualitas dan keamanan pangan, kemasan makanan seharusnya menjadi poin yang penting.

Banyak istilah senyawa kimia berbahaya dalam kemasan pangan yang tidak dipublikasikan.

Dia menilai, produsen pangan lebih mementingkan kemasan pangan dengan bentuk dan rupa semenarik mungkin tanpa memerhatikan keamanan kemasan.

"Banyak istilah kimia yang ada dalam kemasan pangan tidak familiar untuk orang umum. Sehingga pasti tidak akan tahu, karena jarang terpublikasi khususnya kepada UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah). Oleh karenanya, ini perlu menjadi perhatian khusus bersama,” ujar Titik, dalam Diskusi Santai memperingati Hari Keamanan Pangan Sedunia yang digelar Aliansi Zero Waste Indonesia (AZWI) bertajuk Bahan Kimia Beracun dalam Kemasan Makanan Masalah Baru? Senin (7/6/2021).

Baca juga: Cegah Infeksi Corona Lebih Parah, Zat Kimia dalam Ganja Bisa Obati Pasien Covid-19?

Titik mengatakan, terdapat dua regulasi mengenai kemasan pangan.

Pertama, UU Nomor 18 Tahun 2012 tentang Pangan Pasal 82 ayat (1) tertuang bahan kemasan pangan yang tidak membahayakan kesehatan manusia dan tidak melepaskan cemaran yang membahayakan kesehatan manusia.

Halaman
123
Penulis: Shania Septiana
Editor: Siti Fatimah
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved