Breaking News:

Ridwan Kamil Minta Pemerintah Kembali Buka Negosiasi dengan Arab Saudi Soal Haji, 2 Kali Batal Pergi

Ridwan Kamil meminta pemerintah indonesia kembali membuka negosiasi dengan Arab Saudi terkait haji.

Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam | Editor: taufik ismail
Instagram @ridwankamil
Ridwan Kamil. 

Laporan Wartawan TribunJabar.id, Muhamad Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meminta pemerintah pusat membuka kembali pintu negosiasi dengan Pemerintah Arab Saudi supaya jamaah calon haji asal Indonesia bisa menunaikan ibadah haji tahun ini.

"Kalau masih ada waktu dan kesempatan, saya memohon pemerintah pusat cobalah sekali lagi melobi. Kenapa, karena saya meyakini pemerintah Saudi sahabat bangsa Indonesia," kata Ridwan Kamil melalui siaran digital, Senin (7/6/2021).

Pemerintah, katanya, bisa meyakinkan Pemerintah Arab Saudi bahwa para calon haji asal Indonesia bisa menerapkan protokol kesehatan karena selama ini pun Indonesia memberlakukan berbagai peraturan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

"Selama kita bisa meyakinkan protokol kesehatan, terseleksi, sudah divaksin, dites PCR, dan lain-lain. Saya kira bisalah sekian persen yang diberangkatkan, jangan nol sama sekali," kata Ridwan Kamil.

Ia mengatakan diplomasi harus terus dijalankan sebelum Pemerintah Arab Saudi betul-betul menutup kuota jamaah haji tahun ini.

"Mudah-mudahan ikhtiar diplomatik ini masih bisa diupayakan sebelum betul-betul final bahwa dari Arab Saudi menolak, tapi saya berdoa harapan itu masih dibuka," tuturnya.

Ridwan Kamil mengatakan sangat sedih saat mendengar berita bahwa tahun ini jamaah calon haji Indonesia gagal diberangkatkan kembali ke Tanah Suci.

Sebab artinya, kata Ridwan Kamil, ini kali kedua ia akan kembali gagal ke Tanah Suci.

"Secara pribadi saya sangat sedih karena ini kali kedua kita tidak bisa melaksanakan haji apalagi umrah. Apalagi sejak tahun lalu saya sudah persiapan jadi Amirulhaj Jawa Barat. Kedua, meminta mereka yang sudah siap sesuai jatahnya harus ikhlas dan bersabar karena bagaimanapun qodarullah seperti ini," katanya.

Sebelumnya diberitakan, Kementerian Agama RI memutuskan untuk membatalkan pemberangkatan jamaah haji tahun 1442 Hijriah atau 2021.

Hal itu disampaikan oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dalam konferensi pers yang disiarkan secara daring, Kamis (3/6/2021).

"Menetapkan pembatalan keberangkatan jemaah haji pada penyelenggaraan ibadah haji tahun 1442 Hijriah atau 2021 Masehi bagi warga negara Indonesia yang menggunakan kuota haji Indonesia dan kuota haji lainnya," kata Yaqut.

Baca juga: Ibadah Haji dari Indonesia Tahun Ini Kembali Ditunda karena Covid-19, Ini Curahan Hati Arie Untung

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved