Breaking News:

Persib Bandung

Siapa Pemain Persib yang Diabadikan Jadi Monumen di Jalan Tamblong, Ajat atau Robby? Ini Kata Ajat

Siapa sosok pemain Persib yang diabadikan menjadi patung sepak bola di Jalan Tamblong? Ajat Sudrajat atau Robby Darwis?

Penulis: Fakhri Fadlurrohman | Editor: taufik ismail
Tribun Jabar/Syarif Pulloh Anwari
Patung monumen sepak bola di Jalan Tamblong, Kota Bandung, Senin (5/3/2019). 

TRIBUNAJABAR.ID, BANDUNG - Warga Bandung sudah tidak asing lagi dengan keberadaan monumen atau patung sepak bola yang berada di Jalan Tamblong

Patung seorang pemain sepak bola yang akan menendang bola itu berdiri megah di persimpangan antara Jalan Lembong dan Jalan Tamblong

Patung yang Identik dengan Persib Bandung ini sudah terkenal di kalangan bobotoh Persib.

Sebelum zaman pandemi Covid-19, selalu ada ritual memandikan patung tersebut yang dilakukan Viking Persib Club.

MANDIKAN PATUNG -- Seorang bobotoh memandikan Patung Persib di Jalan Tamblong, Bandung, Kamis (17/7/2014). Kegiatan ini dalam rangka merayakan HUT ke-21 Viking Persib Club yang salah satunya diisi dengan memandikan Patung Persib dan bagi-bagi takjil.
MANDIKAN PATUNG -- Seorang bobotoh memandikan Patung Persib di Jalan Tamblong, Bandung, Kamis (17/7/2014). Kegiatan ini dalam rangka merayakan HUT ke-21 Viking Persib Club yang salah satunya diisi dengan memandikan Patung Persib dan bagi-bagi takjil. (TRIBUN JABAR / DENI DENASWARA)

Namun siapa tokoh pemain Persib yang diabadikan menjadi patung tersebut?

Ada yang mengatakan patung tersebut adalah Ajat Sudrajat karena pada tahun 1980-1990 sosok Ajat menjadi pemain yang sangat diidolakan oleh warga Bandung. 

Adapula yang beranggapan bahwa sosok pemain Persib patung tersebut adalah bek legenda Robby Darwis karena pernah membawa juara Persib sebagai kapten tim. 

Wartawan Tribunjabar.id mewawancarai Ajat Sudrajat mengenai monumen sepak bola yang ada di Jalan Lembong tersebut. 

"Sebenernya, kan, patung tersebut sebagai persembahan dari Pemerintahan Kota Bandung untuk warga Bandung terkhusus Persib karena prestasi yang telah diraih" ucap Ajat ketika di Wawancarai di Stadion Arcamanik pada Minggu (06/06/2021). 

"Karena pada era Persib masih di perserikatan tahun 1980-1990, Persib selalu identik dengan saya, jadi warga Bandung menamai itu patung Ajat. Kalo saya sendiri sih membebaskan apa yang dikatan warga Bandung" lanjutnya. 

Patung yang diresmikan pada tahun 1990 oleh Wali Kota Bandung Ateng Wahyudi selalu dimandikan setiap tahun oleh suporter Persib Viking ketika hari jadi Persib.

Baca juga: Sudah Saatnya Persib Punya Monumen Berisi Sejarah Perjalanan, Untuk Motivasi Pemain dan Bobotoh

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved