Breaking News:

Covid 19 di Kabupaten Bandung

Ruang ICU untuk Rawat Pasien Covid-19 di RSUD Al Ihsan Bandung Terisi Penuh, Ini Antisipasi Pihak RS

Ruang ICU untuk merawat pasien Covid-19 di RSUD Al Ihsan, Kabupaten Bandung, sudah penuh.

Tribun Jabar/Lutfi AM
ICU RSUD Al Ihsan untuk pasien Covid-19 kategori merah sudah terisi penuh. 

Laporan Wartawana Tribun Jabar, Lutfi Ahmad Mauludin

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Tempat tidur untuk pasien Covid--19, klasifikasi merah atau yang membutuhkan perawatan di ruang ICU, di RSUD Al Ihsan, Baleendah, Kabupaten Bandung, Minggu (6/6/2021) terisi penuh.

Menurut Wakil Direktur Medik Penunjang dan Keperawatan RSUD Al Ihsan, Ferry Achmad Firdaus, tempat tidur untuk Covid-19 di RSUD Al Ihsan, telah sesuai dengan petunjuk Kemenkes.

"Petunjuk Kemenkes harus mengalihkan 30 persen (untuk Covid-19) dari kapasitas (yang ada). Tiga puluh persen dari kapasitas, sekitar 140 bed dan kami memiliki alokasi 143 bed, dengan perincian kasus kuning 123 bed dan merah 20 bed," ujar Ferry, saat ditemui di RSUD Al Ihsan.

Adapun kasus kuning merupakan memerlukan ruangan ruangan isolasi Covid-19 non intensif, dan merah memerlukan ruangan isolasi Covid intensif (ICU Covid).

"Kami sudah canangkan persiapan 40 bed seandainya terjadi lonjakan lagi," kata Ferry.

Ferry mngatakan, dari prediksinya, kasus Covid-19 akan semakin meningkat.

"Dari segi pelayanan ketersediaan tempat tidur kami masih bisa melayani dari 143 sampai pagi ini terdata terisi 137 pasien terutama yang kuning ada 6 bed lagi. Tapi yakin beberapa jam lagi penuh, karena kasus Covid ini datang dan pergi, ada yang sembuh ada yang datang," katanya.

Jumlah tersebut, kata Ferry, belum termasuk penambahan 40 bed, jadi jika ditambahkan kini Al-Ihsan memiliki 183 bed untuk pasien Covid-19.

"Kalau yang (kategori) merah bisa dikatakan 100 persen (terisi), dari 20 bed yang kamj miliki. Begitu satu dua orang pulang, atau jadi kuning, datang lagi orang yang butuh ICU, atau covid merah jadi selalau terisi penuh dan dinamis," ucapnya.

Baca juga: Ambulans Bawa Pasien Covid-19 Antre di IGD Al Ihsan Bandung Semalam, Pihak RSUD Membenarkan, Tapi

Penulis: Lutfi Ahmad Mauludin
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved