Breaking News:

Ilmu Pengetahuan

NASA akan Luncurkan Misi ke Planet Venus, Pelajari Kemungkinan Adanya Kehidupan di Sana

Setelah misi pertama pada 1989, lembaga antariksa Amerika Serikat, NASA, memiliki misi ke Venus pada tahun 2028, dengan dana 1 miliar dolar AS.

Editor: Hermawan Aksan
Kompas.com
Planet Venus. Setelah misi pertama pada 1989, lembaga antariksa Amerika Serikat, NASA, memiliki misi ke Venus pada tahun 2028, dengan menyiapkan anggaran 1 miliar dolar AS (Rp 14,3 triliun). 

TRIBUNJABAR.ID - Setelah misi pertama pada 1989, lembaga antariksa Amerika Serikat, NASA, memiliki misi ke Venus pada tahun 2028, dengan menyiapkan anggaran 1 miliar dolar AS (Rp 14,3 triliun).

Dilansir The Guardian pada Rabu (2/6/2021), misi kembali ke Venus itu bertujuan untuk memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang sejarah planet layak huni.

Sejarah mencatat bahwa planet Venus adalah planet pertama di Tata Surya yang diyakini oleh para ilmuwan zaman dahulu sebagai planet layak huni.

Baca juga: Robot Milik NASA Melaporkan Gempa di Planet Mars, Terjadi 500 Guncangan dalam Dua Tahun Terakhir

Misi NASA itu diumumkan pada Rabu (2/6/2021) oleh kepala NASA Bill Nelson.

Peluncuran misi itu ditargetkan untuk jangka waktu 2028-2030.

NASA menyiapkan anggaran 1 miliar dolar AS (Rp 14,3 triliun) dari dana ventura untuk misi eksplorasi Venus pertama setelah 1989.

Pesawat ruang angkasa Magellan yang dikirim ke atmosfer Venus telah terlupakan setelah menjalankan misi 5 tahun yang berakhir pada 1994.

Misi NASA ke Venus saat itu memberikan citra yang belum pernah dilihat sebelumnya, yaitu tentang permukaan kawah dan vulkanik planet Venus.

Saat ini citra itu kembali dipelajari lebih lanjut oleh NASA.

"Mengejutkan betapa sedikit yang kita ketahui tentang Venus, tetapi gabungan dari hasil misi ini akan memberitahu kita tentang planet Venus dari awan di langit, gunung berapi di permukaannya sampai ke intinya," ujar Tom Wagner, kepala ilmuwan program penemuan NASA.

Halaman
1234
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved