Puluhan Warga Desa Pasawahan Banjaranyar Ciamis Keracunan, Sempat Diduga karena Makan Kupat Tahu

Puluhan warga Dusun Ciawitali dan Desa Cisarua, Desa Pasawahan, Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis, mengalami keracunan.

Penulis: Andri M Dani | Editor: Hermawan Aksan
Istimewa
Sebagian dari puluhan warga dari dua dusun di Desa Pasawahan Banjaranyar yang mengalami keracunan dirawat di Puskesmas Cigayam, Banjaranyar, Ciamis, Rabu (2/6/2021). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar Andri M Dani

TRIBUNJABAR.ID, CIAMIS – Puluhan warga Dusun Ciawitali dan Desa Cisarua, Desa Pasawahan, Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis, mengalami keracunan.

Sampai Rabu (2/6/2021) sore sebanyak 23 orang masih dirawat di Puskesmas Cigayam, Kecamatan Banjaranyar, dan 8 orang dirujuk ke Puskesmas Banjarsari.

Lima orang sudah diperbolehkan pulang karena hanya mengalami gejala ringan dan kondisinya sudah membaik.

Baca juga: 38 Orang di Banjar Alami Keracunan Usai Santap Makanan di Hajatan Pernikahan, Sakit Perut dan Muntah

“Tidak ada yang sampai dirujuk ke rumah sakit,” ujar Kepala Puskesmas Cigayam, H Ari Angga, ketika dihubungi Tribun Jabar, Rabu (2/6/2021).

Dari 36 pasien yang sempat ditangani Puskesmas Cigayam tersebut sekitar 80% mengalami gejala yang sama setelah memakan makan makanan yang sama, yakni berupa makanan jajanan kupat tahu yang dijual pedagang keliling.

Selasa (1/6/2021) sore puluhan warga dari dua dusun di Desa Pasawahan tersebut mulai merasakan gejala pusing-pusing dan mual serta muntah-muntah setelah mengonsumsi makanan jajanan keliling tersebut pada pagi hari atau siangnya.

Sekitar pukul 22.00 pasien mulai berdatangan ke Puskesmas Cigayam dengan gejala yang sama, mirip gejala keracunan akibat makanan seperti mengalami pusing-pusing, mual-mual, dan muntah serta diare.

Selasa malam hingga Rabu dini hari ada 36 warga yang ditangani Puskesmas Cigayam, termasuk 4 orang anak-anak, lebihnya orang dewasa.

Dari 36 orang tersebut, sebanyak 31 orang menurut Ari diinfus dan 5 orang hanya menjalani observasi.

Kelimanya malam itu juga diperbolehkan pulang karena kondisinya sudah membaik.

Sementar 23 orang dirawat di Puskesmas Cigayam dan 8 orang lainnya dirawat di Puskesmas Banjarsari.

“Pasien dirawat di dua puskesmas untuk menghindari kerumunan,” ujar Kabid Penanggulangan dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinkes Ciamis, dr H Bayu Yudiawan MM kepada Tribun Jabar, Rabu (2/6/2021).

Puluhan warga yang mengalami gejala keracunan berdatangan ke Puskesmas Cigayam Banjaranyar Selasa (1/6) sekitar pukul 22.30 malam.

Halaman
123
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved