Breaking News:

Pendakwah atau Dai Akan Diberikan Bimbingan Wawasan Kebangsaan dan Diberi Sertifikat, Ini Kata Menag

Ini kata Menteri Agama soal bimtek wawasan kebangsaan bagi penceramah atau dai.

Editor: taufik ismail
istimewa
Menteri Agama RI saat memimpin sidang isbat 1 Syawal 1442 H. 

TRIBUNJABAR.ID, JAKARTA - Penceramah atau pendakwah akan diberikan bimbingan teknis. Ini dilakukan untuk meningkatkan kompetensi para pendakwah atau dai.

Hal tersebut dikatakan Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas.

Menag mengatakannya dalam rapat kerja bersama Komisi VIII DPR, yang disiarkan secara daring, Senin (31/5/2021).

"Fasilitas pembinaan ini untuk meningkatkan kompetensi dai dalam menjawab dan merespons isu-isu aktual dengan strategi metode dakwah yang menitikberatkan pada wawasan kebangsaan atau sejalan dengan slogan hubbul wathan minal iman," kata Yaqut.

Yaqut mengatakan, pelaksanaan bimtek dai juga sejalan dengan upaya penguatan modernisasi agama yang dicanangkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024.

Adapun bimtek akan dilakukan Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam baik di tingkat pusat dengan menggandeng peran serta ormas Islam setempat seperti Nahdlatul Ulama, Muhammadiyah, dan Majelis Ulama Indonesia (MUI).

"Para dai yang sudah mengikuti bimtek akan memperoleh sertifikat kompetensi yang diterbitkan Kementerian Agama," ujarnya.

Yaqut berharap, para dai yang sudah terbina akan bertambah wawasan serta kompetensi keilmuannya dan memiliki integritas kebangsaan yang tinggi untuk menyiarkan dakwah kepada masyarakat.

Ia pun menegaskan, kompetensi penceramah ini tujuannya adalah membuat para penceramah ini memiliki pemahaman tentang moderasi beragama.

"Jadi bukan sertifikasi seperti yang dibayangkan jadi dai kemudian dikumpulkan sama Kemenag, dikasih wawasan kebangsaan, dikasih moderasi kemudian diserahkan sertifikat, kemudian sertifikat ini menjadi modal atau syarat gitu ya untuk berceramah, tidak seperti itu," ucapnya.

"Tapi kita hanya memberikan wawasan kebangsaan dan moderasi beragama itu pun kita juga berkoordinasi dengan ormas-ormas Islam," ucap dia.

Baca juga: Menag Yaqut Siap Lindungi Hak Beragama Warga Syiah dan Ahmadiyah di Indonesia

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kemenag Akan Buat Bimtek untuk Tingkatkan Kompetensi Dai".

Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved