Breaking News:

Sandiaga Uno Ajak Masyarakat Bikin Konten Kreatif Apresiasi Desa Wisata Berhadiah Miliaran Rupiah

disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno ketika mengunjungi Desa Cibuntu, Kecamatan Pesawahan,

Penulis: Ahmad Ripai | Editor: Darajat Arianto
Istimewa
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno ajak masyarakat Kuningan buka desa wisata. 

KUNINGAN - Keindahan alam, beraneka ragam kerajinan lokal serta seni budaya yang diwariskan leluhur menjadi modal dalam membangun desa wisata.

Besarnya potensi yang dimiliki desa secara langsung membuka peluang bagi masyarakat untuk menciptakan usaha sekaligus lapangan kerja, khususnya sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf). 

Hal tersebut disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno ketika mengunjungi Desa Cibuntu, Kecamatan Pesawahan, Kabupaten Kuningan pada Senin (31/5/2021).

Dalam kesempatan tersebut, ia menyampaikan sejumlah kiat agar ekonomi Indonesia dapat kembali pulih dan bangkit. Satu di antaranya adalah peningkatan keterampilan, baik dari segi digitalisasi maupun protokol kesehatan.

Pandemi covid-19, katanya, memaksa seluruh pihak untuk melakukan adaptasi, innovasi dan kolaborasi saat ini. Begitu juga dengan masyarakat pedesaan yang harus dapat menggali potensi parekraf lewat kearifan lokal.

Potensi yang menurutnya dapat dikembangkan lewat ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021. 

Baca juga: Didampingi Cinta Laura dan Ega Noviantika, Sandiaga Uno Kunjungi di Desa Wisata Kuningan Jabar

"Dengan kehadiran kita di sini, kita banyak mencatat beberapa kategori yang bisa kita tingkatkan agar kesiapan-kebangkitan ekonomi nasional bisa kita hadirkan melalui Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 ini," ungkap Sandiaga Uno pada Senin (31/5/2021).

Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 diungkapkannya merupakan kebijakan yang berkeadilan. Karena disampaikannya terdapat begitu banyak masyarakat yang terlibat dalam program pengembangan desa wisata.

"Selama ini pemerintah pusat hanya fokus di program-program yang belum tentu menyentuh kepada masyarakat yang ada di lapisan terbawah. Jadi ini adalah bagian daripada kebijakan yang berkeadilan, kebijakan yang mudah-mudahan bisa memberikan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan," ungkapnya.

Terakhir, ia sengaja menghadirkan Cinta Laura dan Ega, kreator konten kreatif. Kedua sosok generasi Z itu menurutnya harus terus dilibatkan dalam pengembangan desa wisata ke depan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved