Begini Alasan Kompetisi Liga 1 dan Liga 2 Difokuskan di Enam Daerah di Pulau Jawa, Berlaku Degradasi

PSSI memastikan kompetisi sepak bola tanah air, Liga 1 dan Liga 2 akan kembali bergulir dengan format promosi dan degradasi

Penulis: Cipta Permana | Editor: Mega Nugraha
Tribun Jabar / Cipta Permana.
Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Yunus Nusi menjelaskan terkait kepastian penyelenggaraan Liga 1, Liga 2, dan Liga 3, hasil kongres PSSI beberapa waktu lalu, saat ditemui usai melayat ke rumah duka Ibunda Ketum PSSI, Selasa (1/6/2021). 

Laporan wartawan TribunJabar.id, Cipta Permana

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - PSSI memastikan kompetisi sepak bola tanah air, Liga 1 dan Liga 2 akan kembali bergulir dengan format promosi dan degradasi, serta pertandingan difokuskan digelar di Pulau Jawa.

Kepastian tersebut, ditegaskan oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Yunus Nusi kepada wartawan usai melayat ke rumah duka Ibunda Ketua Umum (Ketum) PSSI, Mochamad Iriawan, Selasa (1/6/2021)

Baca juga: Persib Bandung Target Juara Liga 1 2021, Umuh Muchtar Beri Penegasan

"Alhamdulillah, izin (keramaian) dari Liga 1 dan Liga 2 dari Kapolri sudah terbit, dan telah diterima oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Pak Zainudin Amali. Karena kemarin, Ketua Umum PSSI (Moch. Iriawan) ada urusan lain untuk merawat ibunda tercintanya di rumah sakit, sehingga kami belum dapat memproses dan mengatur jadwalnya (liga) seperti apa setelah kita menerima izinnya," ujarnya.

Baca juga: BREAKING NEWS: Resmi, Polri Berikan Izin untuk Liga 1 dan Liga 2 2021, dengan Syarat Begini

Setelah masa berduka dari Ketua Umum PSSI selesai, pihaknya segera menyampaikan laporan terkait kepastian jadwal Liga 1 dan Liga 2. Sedangkan Liga 3, karena formatnya kompetisi provinsi, maka Asosiasi Provinsi PSSI akan mengaturnya.

"Insya Allah setelah ini, kami akan melapor ke ketua umum untuk mengatur prosesi dan penjadwalan. Apalagi kebetulan tadi malam Pak Menpora ke rumah sakit dan sudah berbicara. Mudah-mudahan setelah ini baru akan kami atur jadwal dari Liga 1 dan 2," ucapnya.

Baca juga: Liga 1 Batal Tanpa Degradasi, Ini Tanggapan Pelatih Persib Bandung

Selain melaporkan tekait izin dari Kapolri untuk penyelenggaraan Liga 1 dan 2, pihaknya akan berkoordinasi dengan PT. Liga Indonesia Baru (LIB) untuk menggelar manager meeting dengan para manajer klub kontestan.

Sementara itu PSSI akan menggelar workshop dengan para asosiasi provinsi PSSI se-Indonesia, untuk menyampaikan terkait beberapa program, yang merupakan hasil penetapan rumusan dari kegiatan Kongres PSSI yang telah digelar beberapa waktu lalu.

Baca juga: Ibunda Ketum PSSI Laila Solihaty Meninggal, Manajer Persib: Pak Iwan Sangat Dekat Dengan Ibunya

"Jadi sebagaimana disampaikan dalam kongres kemarin, tetapi lebih finalnya itu (teknis) akan ada di manager meeting, maka dari itu, biarlah kawan-kawan dari klub Liga 1, Liga 2, dan PT. LIB untuk bersepaham seperti apa baiknya format kompetisi yang akan digelar nanti," ujar Yunus.

Terkait, seluruh pertandingan kompetisi di fokuskan di gelar di Pulau Jawa, Yunus membenarkan hal tersebut. Menurutnya, dipilihnya opsi tersebut dalam rangka efisiensi anggaran serta menjaga protokol kesehatan dari para pemain dan official klub peserta Liga 1 dan Liga 2.

Pemilihan lokasi pertandingan di Pulau Jawa masih akan di bahas. Namun daerah penyelenggaraan kompetisi akan tersebar mulai dari DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan DI. Yogyakarta.

"Opsi ini dipilih selain dalam rangka efisiensi tapi juga dalam rangka penerapan protokol kesehatan. Kami juga menghindari kawan-kawan untuk hilir mudik naik pesawat untuk menempuh pertandingan home away nya. Sehingga muncul beberapa pemikiran dari kawan-kawan PSSI dan PT. LIB, agar perjalanan jarak jauh di minimalkan, juga menerapkan protokol kesehatan, sehingga hal itu harus kita prioritaskan," ucapnya.

Adapun Liga I Putri tahun ini ditiadak

Baca juga: Siap-siap, Merokok Sembarangan di Bandung Bakal Didenda Rp 500 Ribu

an dan akan di konsentrasikan kepada kompetisi Piala Pertiwi.

Baca juga: Cerita Iwan Bule Ketum PSSI Sebelum Ibunya Meninggal, Laila Solihaty Dirawat Intensif Sejak Lebaran

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved