Breaking News:

''Semmanjala'', 156 Individu yang Dituangkan di Atas Kanvas, Lukisan Pakai Pewarna Berbahan Kunyit

saya datang membawa karya baru bertajuk 'Semmanjala'. Artinya ialah pikiran, jiwa, dan tubuh. Ada 156 sosok individu yang dituangkan di atas kanvas

Tribun Jabar/Daniel Andreand Damanik
Edrike Joosencia (Keke) menceritakan karya seninya "Semmanjala" yang dipajangnya di sebuah ruangan di kedai kopi di Bandung. Ia duduk berlatar karya seninya yang akan diikutsertakan dalam lomba.  

Laporan Wartawan Tribun Jabar Daniel Andreand Damanik

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG- Edrike Joosencia, wanita kelahiran Cimahi, 23 Agustus 1991, sudah akrab dengan dunia seni rupa dan kreativitas sejak umur 4 tahun.

Wanita yang akrab disapa Keke ini, mengawali sepak terjangnya di dunia seni rupa dimulai dari "Coffee Shop". Gaya karya Edrike Joosencia cukup khas seperti menggunakan charcoal, elemen realis, dan media berukuran besar.

"Kali ini, saya datang membawa karya baru bertajuk 'Semmanjala'. Artinya ialah pikiran, jiwa, dan tubuh. Ada 156 sosok individu yang dituangkan di atas kanvas ini. Setiap individu itu entitas yang kompleks," kata Keke ketika ditemui di suatu Kedai Kopi di Jalan Anggrek, Kota Bandung, Minggu (30/5/2021).

Dari 156 orang yang tertuang di atas kanvas itu, Keke mengaku sebagian adalah orang terdekatnya, seperti pengasuhnya sewaktu kecil dan teman sepermainannya. Bahkan, dirinya sendiri juga ada di sana.

Setiap goresan di atas kanvas tersebut, wujudnya sekilas sama, namun, ketelitian Keke melalui perenungannya, bahasa tubuh dan pakaian yang sering digunakan objek yang dilukis pun sama.

Ada yang unik, lukisan yang akan diperlombakan tersebut, bahan pewarnanya berbahan kunyit. Lukisan berdiameter 1,8 meter tersebut, didominasi warna kuning dari kunyit.

Baca juga: Netizen Puji Foto Berbikini dengan Stretch Mark Marshanda, Sebut Lukisan Surga dari Tuhan

"Memang, kebutuhan untuk melukis tidak murah harganya, tapi bisa kita manfaatkan bahan-bahan seperti kunyit, arang, bubuk kopi dan lainnya," katanya.

Bagi Keke, karya seni adalah cerminan dan wadah terciptanya kehidupan masyarakat. 

Keke mengaku tertarik pada menggambarkan realitas yang tegas dan melalui simbol serta abstraksi. 

Halaman
12
Penulis: Daniel Andreand Damanik
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved