Kumpulan Kutipan atau Kata-kata Bijak Soal Pancasila dari Tokoh, Bagikan Saat Hari Lahir Pancasila

Hari Lahir Pancasila 2021 akan diperingati pada 1 Juni 2021. Saat momen tersebut, Anda dapat membagikan beberapa kata-kata bijak atau kutipan tokoh.

Editor: Yongky Yulius
Kaltim.Tribunnews.com
Peringatan hari lahir Pancasila. 

TRIBUNJABAR.ID - Hari Lahir Pancasila 2021 akan diperingati pada 1 Juni 2021. Saat momen tersebut, Anda dapat membagikan beberapa kata-kata bijak atau kutipan dari tokoh di Indonesia mengenai Pancasila.

Kutipan ini dapat Anda kirimkan ke orang terdekat, atau bisa dibagikan ke media sosial.

Agar semakin bermakna, Anda juga dapat menyertai kutipan ini dengan ucapan selamat Hari Lahir Pancasila:

Berikut adalah kumpulan kata bijak dari tokoh mengenai Pancasila yang dihimpun TribunJabar.id dari JagoKata.com dan TribunJatim.com:

Kutipan atau Kata-kata Bijak dari Tokoh Soal Pancasila

1. "Aku tidak mengatakan, bahwa aku menciptakan Pancasila. Apa yang kukerjakan hanyalah menggali jauh ke dalam bumi kami, tradisi-tradisi kami sendiri, dan aku menemukan lima butir mutiara yang indah."

- Soekarno

2. "Aku menyadari bahwa kami tidak dapat mendirikan bangsa kami atas dasar delklarasi kemerdekaan Amerika Serikat. Pun tidak berdasarkan manifesto komunis. Aku tidak mengatakan, bahwa aku menciptakan Pancasila. Apa yang kukerjakan hanyalah menggali tradisi kami jauh sampai kedasarnya dan keluarlah aku dengan lima butir mutiara yang indah."

- Ir Soekarno

3. "Sekarang banyak prinsip: kebangsaan, internasionalisme, mufakat, kesejahteraan dan ketuhanan, lima bilangnya. Namun bukan panca dharma, tetapi saya namakan ini dengan dengan petunjuk seseorang teman ahli bahasa, namanya ialah pancasila. Sila artinya azas atau dasar dan di atas kelima dasar itulah kita mandirikan negara Indonesia, kekal dan abadi."

- Ir. Soekarno

4. "Pancasila bukan agama, tidak betentangan dengan agama dan tidak digunakan untuk menggantikan kedudukan agama."

- Abdurrahman Wahid atau Gus Dur

Baca juga: Kumpulan Kata-kata Bijak Hari Lahir Pancasila 1 Juni, Yuk Bagikan untuk Berbagi Semangat

5. "Stop! Rasialisme anti minoritas apa pun harus tak terjadi lagi di Indonesia. Sungguh suatu aib yang memalukan. Dalam lebih setengah abad dan ber-Pancasila, bisa terjadi kebiadaban ini kalau bukan karena hipokrisi pada kekuasaan."

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved