Breaking News:

Peluang Binis

Bisnis Madu Klanceng, Sudah Ada Pemasok dan Penampung Madu, Tak Perlu Repot Lagi

MADU klanceng merupakan bisnis madu klanceng yang salah satunya dikembangkan oleh Kemitraan Budidaya Lebah Madu Klanceng Mahakarya Berkah Madani (MBM)

Penulis: Kemal Setia Permana | Editor: Januar Pribadi Hamel
TRIBUN JABAR/Kemal setia permana
SARANG LEBAH - Muhyidin, peternak lebah madu klanceng, berfoto dekat stupa tau sarang lebah di Jalan Cibuntu Selatan RT 03/07. 

MADU klanceng  merupakan bisnis madu klanceng yang salah satunya dikembangkan oleh Kemitraan Budidaya Lebah Madu Klanceng Mahakarya Berkah Madani (MBM) di Parongpong Kabupaten Bandung Barat.

Berbeda dengan madu lain, madu yang dihasilkan oleh lebah klanceng atau yang dalam bahasa latin disebut levicep Trigona memiliki sejumlah keunggulan.

Keunggulannya di antaranya kaya nutrisi, vitamin, mineral, dan enzim yang sangat membantu dalam memulihkan stamina dan berbaikan sel tubuh.

Menurut Mada Purnawijaya dari MBM kandungan propolis dan bee pollen madu klanceng sangat tinggi, bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan terapi berbagai penyakit berat.

Selain itu madu klanceng dari bunga matahari dipercaya sebagai antioksidan kuat yang bisa melawan radikal bebas di dalam tubuh.

Madu ini juga memiliki fungsi sebagai antibakteri, antibiotik, dan antiperadangan. Bahkan, mampu mengurangi kolestrol LDL dan mencegah hipertensi.

"Madu dari lebah klanceng trigona ini sangat disarankan bagi para penderita diabetes melitus atau kencing manis.

Baca juga: Peluang Bisnis, Budidaya Madu Klanceng Tak Perlu Keahlian Khusus Pelihara Lebah, Untung Besar

"Menurut hasil penelitian 100 gram madu klanceng memiliki energi yang setara dengan 50 butir telur ayam.

"Dengan kandungan yang dimiliki, madu klanceng banyak dipergunakan oleh industri obat-obatan dan kosmetika baik dalam dan luar negeri," ujar Mada.

Menurut Mada karena memiliki banyak manfaat, harga madu klanceng pun cukup tinggi, bahkan permintaanya pun semakin meningkat dari tahun ke tahun.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved