Breaking News:

AWAS, Jabar Kembali Siaga Satu Covid-19, Tingkat Keterisian Ruang Isolasi di Rumah Sakit Naik

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyatakan Jabar siaga satu covid dalam memerangi penyebaran virus Covid-19.

Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam | Editor: Ravianto
Kompas.com/Dokumentasi Pemkot Bekasi
Ruang Isolasi di Stadion Patriot Chandrabaga, Kota Bekasi. 

Laporan Wartawan TribunJabar.id, Muhamad Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyatakan Jabar siaga satu covid dalam memerangi penyebaran virus Covid-19.

Hal ini didasarkan pada sejumlah indikator penanganan Covid-19 di Jabar yang mengalami keterpurukan setelah masa libur Lebaran 2021, di antaranya keterisian rumah sakit yang meningkat.

"Jawa Barat sedang Siaga Satu. Pertama, karena terjadi kenaikan dalam BOR (bed occupancy rate atau keterisian rumah sakit). Biasanya turun satu persen, minggu ini naik delapan persen, dari 30,6 menjadi 38,2 persen kenaikan. Ukuran BOR ini kalau sampai 10 persen, itu ada lonjakan," kata Gubernur seusai rapat koordinasi penanganan Covid-19 di Markas Kodam III Siliwangi, Senin (31/5).

Gubernur mengatakan kenaikan angka keterisian ruang isolasi di rumah sakit ini adalah imbas dari libur panjang dan masa pelarangan mudik Lebaran yang mengalami kebocoran walau di angka satu persen.

Hal ini, katanya, harus menjadi pembelajaran bahwa apa yang diupayakan pemerintah adalah untuk menghindari kenaikan ini.

Sejumlah rumah sakit di Jawa Barat, katanya, sudah mencapai ambang batas aman, di antaranya RSUD Al Ihsan, RS Immanuel, dan RS Santosa, yang keterisiannya sudah mencapai 70 persen sampai 90 persen.

"Itu sudah saya koreksi, kalau sudah ada 70 persen, tolong segera mengalokasikan kamar yang untuk perawatan umum, jadi untuk penyakit Covid-19," katanya.

Ketua Harian Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Jawa Barat, Daud Achmad, meminta masyarakat untuk tidak pernah kendor menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Bahkan, katanya, kewaspadaan terhadap penyebaran virus ini harus terus ditingkatkan seiring dengan semakin tingginya keterisian ruang isolasi pasien Covid-19 di berbagai rumah sakit di Jawa Barat.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved