Breaking News:

Covid 19 di Ciamis

33 Nakes di Puskesmas Rancah Positif Covid-19, Rawat Inap Ditutup Sementara, Bupati: Ada Lonjakan

Layanan rawat inap di Puskesmas Rancah Ciamis ditutup sementara setelah 33 nakes positif Covid-19. Bupati mengakui ada lonjakan pascalibur lebaran.

Grafis Tribunnews.com/Ananda Bayu S
Ilustrasi Covid-19. Puskesmas Rancah di Ciamis menutup sementara layanan rawat inap karena ada 33 nakes positif Covid-19. 

TRIBUNJABAR.ID, CIAMIS - Layanan rawat inap di Puskesmas Rancah Ciamis tutup sementara sejak Sabtu (29/5/2021) menyusul adanya 33 tenaga kesehatan (nakes) di puskesmas tersebut tekonfirmasi positif Covid-19.

“Sementara layanan IGD masih tetap jalan seperti biasa. Mobil ambulans masih siaga. Yang tutup sementara hanya layanan rawat inap. Kami cukup kewalahan banyak nakes yang menjalani isolasi mandiri,” ujar Bidan Lia, Kepala Puskesmas Rancah ketika dihubungi Tribun Senin (31/5/2021).

Menurut Bidan Lia, ada enam kamar layanan rawat inap yang ditutup sementara.

“Bila ada pasien yang masuk IGD, tetap dilayani. Setelah ditangani, bila harus dirujuk akan dirujuk ke rumah sakit atau puskesmas rawat inap terdekat. Tapi kalau tidak perlu dirawat, diperbolehkan pulang,” ujarnya.

Ditutup sementaranya layanan rawat inap Puskesmas Rancah tersebut, menurut Bidan Lia, menyusul adanya 33 nakes yang terkonfirmasi positif Covid-19 hasil test swab PCR yang dilakukan secara beruntun pada hari Rabu (26/5/2021),  Jumat (28/5/2021), dan Sabtu setelah dilakukan tracing.

Dari 33 nakes yang terkonfirmasi positif Covid-19, katanya, setelah menjalani isolasi mandiri, pada hari Senin ini menjalani test swab ke-2.

“Dari hasil test swab/PCR yang dilakukan hari ini tinggal 11 orang nakes yang masih terkonfirmasi positif Covid-19. Sementara 22 orang lainnya sudah negatif,” kata bidan Lia.

Menurut bidan Lia belum diketahui pasti asal awal terpaparnya puluhan nakes di Puskesmas Rancah tersebut.

Untuk memutus mata rantai penularan Covid-19, semua ruangan layanan Puskemas Rancah sudah dilakukan sterilisasi dengan penyemprotan desinfektan.

Dan nakes yang terkonfirmasi positif Covid-19 menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing.

Halaman
12
Penulis: Andri M Dani
Editor: taufik ismail
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved