Breaking News:

Waspada, Angka Keterisian Rumah Sakit Perawatan Covid di Jabar Meningkat, Angka Kematian Naik 1,34%

Kewaspadaan terhadap penyebaran Covid-19 harus terus ditingkatkan seiring meningkatnya keterisian rumah sakit perawatan covid-19 di Jawa Barat

Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam | Editor: Siti Fatimah
ISTIMEWA
ilustrasi covid- Kewaspadaan terhadap penyebaran Covid-19 harus terus ditingkatkan seiring meningkatnya keterisian rumah sakit perawatan covid-19 di Jawa Barat 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Ketua Harian Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Jawa Barat, Daud Achmad, meminta masyarakat untuk tidak pernah kendor menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Bahkan, katanya, kewaspadaan terhadap penyebaran virus ini harus terus ditingkatkan seiring dengan semakin tingginya keterisian ruang isolasi pasien Covid-19 di berbagai rumah sakit di Jawa Barat.

Pada pertengahan Mei 2021, tercatat angka keterisian ruang isolasi pasien Covid-19 di Jabar terus menurun sampai 28 persen.

Namun pada 30 Mei 2021, kata Daud, keterisiannya kembali meningkat sampai angka rata-rata 38 persen.

Baca juga: Angka Kematian Akibat Covid-19 di Purwakarta Lebih Tinggi Dibanding Nasional, Anne Ratna Lakukan Ini

Sedangkan keterisian ICU menjadi di atas 50 persen kembali.

"Rumah sakit memang sudah bersiap-siap menambah kembali ruang ICU dan ruang perawatan pasien Covid-19. Itu sudah diperingatkan oleh pemerintah pusat sejak dulu, kalau kita harus bersiap dengan adanya potensi kenaikan angka Covid-19," kata Daud melalui ponsel, Minggu (30/5).

Daud mengatakan hal lain yang harus diwaspadai adalah peningkatan angka kematian akibat Covid-19 di Jawa Barat, dari awalnya 1,19 persen menjadi 1,34 persen.

Walaupun masih di bawah angka nasional yang mencapai 2,2 persen, katanya, kenaikan angka ini tidak bisa dianggap remeh.

"Kita bersiaga lagi di rumah sakit, mengubah kamar perawatan biasa menjadi untuk pasien Covid-19. Sudah diarahkan untuk meambah kembali jumlah tempat tidur di rumah sakit. Selain itu, harus dipersiapkan juga tenaga kesehatan dan peralatannya, terutama untuk ICU. Memang di suatu daerah ada ICU yang full 100 persen karena rumah sakitnya cuma punya tiga tempat tidur ICU, dan ini harus kita tambah," kata Daud.

Baca juga: Keterisian Rumah Sakit Di 5 Provinsi Kembali Meningkat, Termasuk Jabar, Kasus Covid-19 Melonjak?

Jika melihat data Covid-19 di Jawa Barat, katanya, memang angka kasus aktif Covid-19 di Jawa Barat cenderung stabil dan bahkan menurun.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved