Breaking News:

Wilson Sukses Bangun 'Dagangan', Aplikasi Kebutuhan Rumah Tangga, Berdayakan Masyarakat di Daerah

Belajar tentang Computer Engineering, Wilson bersama beberapa temannya yang juga berasal dari daerah membangun sebuah aplikasi Dagangan. 

Tribunjabar.id/Putri Puspita Nilawati
Founder aplikasi Dagangan, Wilson Yanaprasetya (36). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Putri Puspita

TRIBUNJABAR. ID, BANDUNG - Tinggal di daerah Banyuwangi yang jauh dari perkotaan membuat Wilson Yanaprasetya (36) mengalami sulitnya mendapatkan kebutuhan rumah tangga karena infrastruktur ke daerahnya kurang memadai.

Namun siapa sangka, ketika tumbuh dewasa dan mengenyam pendidikan di Universitas British Columbia, Kanada, Wilson kembali pulang ke Indonesia dan melahirkan ide baru untuk mengembangkan desa-desa. 

Belajar tentang Computer Engineering, Wilson bersama beberapa temannya yang juga berasal dari daerah membangun sebuah aplikasi Dagangan

Dagangan adalah aplikasi social-commerce yang menyediakan berbagai kebutuhan rumah tangga, mulai dari sembako, produk segar hingga kebutuhan harian lainnya secara eceran dan grosir. 

Baca juga: Dagang Sembako Lewat Aplikasi Digital, Pemuda Ini Sukses Gandeng Ribuan Resseler, Ini Starteginya

"Cita-cita dari Dagangan ini adalah untuk memberdayakan masyarakat yang tersebar di daerah untuk berdaya secara ekonomi melalui transformasi kegiatan ekonomi tradisional menjadi digital," ujar Wilson saat ditemui di acara Halal Bihalal bersama reseller Dagangan, Jumat (28/5/2021). 

Wilson mengatakan Dagangan inj dibentuk sejak 2019, saat itu tentu saja ia meriset bagaimana kebutuhan masyarakat di daerah yang infrastrukturnya masih jauh dari perkotaan.

Ia menceritakan saat itu bisa dikatakan kondisi daerahnya masih ketinggalan tidak seperti sekarang. 

Ada pelanggan Dagangan dari Jawa Tengah, dan ketika ke pasar basah hanya memegang yang Rp 500 ribu hingga Rp 1 juta untuk 2 hari.

Perjalanan pun naik motor, pergi ke pasar yang lokasinya ada di gunung. 

Halaman
123
Penulis: Putri Puspita Nilawati
Editor: Kisdiantoro
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved