Breaking News:

Tahu dan Tempe Juga Menghilang di Kota Tasikmalaya, Semua Produsen Sepakat Mogok 2 Hari

Tahu dan tempe juga menghilang di Kota Tasikmalaya. Semua produsen mogok dua hari.

Tribun Jabar/Firman Suryaman
Salah satu produsen tahu pemasok terbesar ke Pasar Induk Cikurubuk, Kota Tasikmalaya, tampak tutup, Sabtu (29/5/2021). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar Firman Suryaman

TRIBUNJABAR.ID, TASIKMALAYA - Ratusan pengrajin tahu tempe di Kota Tasikmalaya tak berproduksi, Sabtu (29/5/2021) dan rencananya akan berlanjut hingga Minggu (30/5/201).

Tak berproduksinya pengrajin tahu dan tempe sebagai bentuk keprihatinan atas kenaikan harga kacang kedelai yang menurut mereka sudah tak rasional.

"Harga saat ini mencapai Rp 11.000 per kg. Ini membuat usaha kami kelimpungan. Harga normalnya dan usaha bisa berjalan paling tinggi Rp 7.000 per kg," kata Nina (44), salah seorang pengrajin tahu di Kampjng Nagrog, Kelurahan Sukamaju Kidul, Kecamatan Indihiang.

Pengrajin lainnya, Hanhan (45), mengatakan, aksi mogok berproduksi ini sebagai bentuk keprihatinan atas kenaikan harga kedelai yang mencapai Rp 11.000 per kg.

"Kami akan berhenti berproduksi selama dua hari sebagai bentuk keprihatinan kami dan mudah-mudahan keprihatinan kami ini didengar pemerintah," ujar Hanhan.

Ia memastikan semua pengrajin tahu dan tempe sudah sepakat berhenti berproduksi Sabtu dan Minggu.

"Bahkan sudah diedarkan surat kepada para pengrajin tahu dan tempe untuk tak beroperasi dulu selama dua hari, Sabtu dan Minggu," kata Hanhan dan diamini Nina.

Ketua perhimpunan pengrajin tahu dan tempeKota Tasikmalaya, Epan Efendi, membenarkan aksi mogok berproduksi selama dua hari.

"Ini sebagai bentuk keprihatinan saja, agar menjadi perhatian pemerintah. Senin juga beroperasi lagi walau kondisinya sangat memprihatinkan," ujar Epan.

Baca juga: Operasi Pasar Tak Mempan Tekan Harga Kedelai, Produksi Tahu Tempe Jangan Terhenti

Penulis: Firman Suryaman
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved