Menunggu Vonis Rizieq Shihab Hari Ini Atas Kasus Kerumunan di Petamburan dan Megamendung

Rizieq Shihab dijadwalkan menjalani sidang vonis di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Timur, hari ini, Kamis (27/5/2021).

Editor: Giri
Rizki Sandi Saputra/Tribunnews
Muhammad Rizieq Shihab (MRS) saat membacakan pledoi atau nota pembelaan atas tuntutan jaksa kepada dirinya di ruang sidang utama Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Timur, Kamis (20/5/2021). Kasus kerumunan Rizieq Shihab diputus hari ini. 

TRIBUNJABAR.ID, JAKARTA - Rizieq Shihab dijadwalkan menjalani sidang vonis di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Timur, hari ini, Kamis (27/5/2021).

Sidang ini terkait perkara pelanggaran protokol kesehatan yang menimbulkan kerumunan di Petamburan (Jakarta) dan Megamendung (Bogor).

Majelis Hakim PN Jakarta Timur yang diketuai oleh Suparman Nyompa akan memutuskan terkait kedua kasus tersebut.

"Kamis (27/5/2021) dengan agenda putusan dari majelis hakim (perkara kerumunan)," kata Ketua Humas PN Jakarta Timur Alex Adam Faisal dalam keterangan tertulisnya.

Kendati begitu, kata Alex, jadwal sidang putusan hari ini masih tentatif, mengingat ada persidangan perkara lain yang akan dijalankan terdakwa.

Adapun sidang yang dimaksud yakni perkara hasil tes swab palsu di Rumah Sakit UMMI Bogor dengan agenda pemeriksaan saksi mahkota atau terdakwa.

"Waktu persidangan pukul 09.00 WIB atau ditentukan kemudian, karena bersamaan dengan sidang perkara nomor 223, 224 dan 225 (hasil tes swab RS UMMI)," lanjut Alex.

Saat dikonfirmasi, anggota kuasa hukum Rizieq Shihab, Aziz Yanuar juga menyatakan demikian.

Pihaknya menyatakan belum mendapatkan kepastian dari majelis hakim terkait jadwal agenda sidang putusan tersebut.

Baca juga: Rangkuman Fakta Persidangan Rizieq Shihab Hari Ini, Singgung Pangdam Jaya sampai Ahok

Namun jika berdasarkan pada kesepakatan sidang sebelumnya yakni pada Kamis pekan lalu, Hakim Ketua Suparman Nyompa menjadwalkan untuk membacakan putusan pada hari ini.

"Insyaallah, sidang pekan lalu infonya vonis Kamis ini, dalam sidang itu normatif, tidak ada istilah konfirmasi, ketok (palu) majelis yang didengar," kata Aziz saat dihubungi, Kamis (27/5/2021).

Sebagai informasi, dalam perkara ini jaksa penuntut umum (JPU) menuntut Rizieq Shihab 2 tahun penjara dikurangi masa kurungan sementara atas perkara yang teregister dengan nomor 221/Pid.B/2021/PN.JktTim, terkait kerumunan acara di Petamburan.

Rizieq Shihab dianggap telah melanggar Pasal 160 KUHP juncto Pasal 93 Undang-Undang Republik Indonesia (UU RI) Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP,

"Menjatuhkan tindak pidana kepada Muhammad Rizieq Shihab berupa pidana penjara selama selama 2 tahun, dikurangi masa tahanannya," tuntut jaksa dalam sidang Senin (17/5/2021).

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved