Ibu Digugat Anak

Kata Anak di Bandung yang Gugat Ibunya, Bukan Tergugat Utama, Rumah Seharga Rp 2 M Dijual 450 Juta

Ini awal mula ibu digugat anak di Bandung. Ibu bukan tergugat utama. Gara-gara jual rumah Rp 2 miliar dibayar Rp 450 juta.

Penulis: Mega Nugraha | Editor: taufik ismail
Tribun Jabar/Mega Nugraha
Rumah yang menjadi objek sengketa sehingga seorang anak menggugat ibunya, tapi bukan tergugat utama. Rumah berada di Kecamatan Rancasari, Kota Bandung. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mega Nugraha

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Johari (31), warga Jalan Derwati, Kecamatan Rancasari, Kota Bandung, mengaku tidak menggugat perdata ibunya, Si Maswati (50) atas tanah yang ditempatinya.

Dalam sidang gugatan di Pengadilan Negeri Bandung, Selasa (25/5/2021), Ai Maswati jadi tergugat II.

Sedangkan tergugat I yakni perempuan bernama Reni Purba.

Johari dikuasakan lewat Musa Darmin Pane.

"Saya tidak menggugat secara langsung ibu saya, gugatan utamanya dilayangkan ke tergugat I," ucap Johari ditemui di rumahnya yang jadi obyek sengketa, Rabu (26/5/2021).

Awal mulanya, Johari dan adiknya, tinggal di rumah yang berada di dekat akses masuk Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) itu sejak kecil, saat ayahnya, suami Ai Maswati, masih ada.

Pada 2010, Reni hendak membeli rumah itu seharga Rp 450 juta dengan perjanjian setelah tiga bulan sejak perjanjian lisan, akan dilunasi.

Namun, sejak 2010 hingga 2020 awal, rumah itu tidak kunjung dilunasi.

Tiba-tiba, pada November 2020, Reni Purba melunasi rumah tersebut seharga Rp 195 juta dengan bertransaksi dengan ibunya, selaku ahli waris utama. 

"Pada 2010 itu, setelah janjinya dibayar setelah 3 bulan, tidak dibayar. Berarti kan batal. Masalah pertamanya, masa rumah saya saat ini , tahun 2021 dibeli dengan harga tahun 2010. Harga saat ini rumah kami ini sudah sampai Rp 2 miliar," ucap Johari.

Masalah keduanya, tergugat I kata Johari, diduga memperdaya Si Maswati supaya tetap menerima uang pembelian rumah dengan harga yang disepakati pada 2010.

"Ibu Ai Maswati jadi tergugat II karena menerima uang tersebut dan supaya dikembalikan lagi supaya pembelian rumah ini dihargai dengan harga selayaknya, tidak dibodohi seperti ini," katanya 

Apalagi, sertifikat tanah seluas sekira lebih dari 200 meter persegi itu sudah disertifikatkan atas nama tergugat I.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved