Breaking News:

Tebing 15 meter yang Timbun Jalan Kampung di Panawangan Sudah Disingkirkan, Warga Gotong Royong

Runtuhan tebing tidak hanya menimbun ruas jalan kampung sepanjang 200 meter yang menghubungkan Dusun Cogreg dan Dusun Cimaneum Desa Mekarbuana.

(foto: Istimewa/Dok Desa Mekarbuana Panawangan)
Runtuhan tebing setinggi 15 meter di Blok Babakan Dusun Cogreg Rt 01 RW 07 Desa Mekarbuana Kecamatan Panawangan Ciamis Minggu (23/5) malam menimbun ruas jalan kampung sepanjang 200 meter dan menimbun selokan Curug Ciwur sehingga memicu terjadinya genangan dan luapan air. Selama tiga hari terakhir warga setempat bergotong royong menyingkiran puing longsor yang menimbun selokan dan ruas jalan. Rabu (26/5) siang ruas jalan yang menghubungkan Dusun Cogreg dan Dusun Cimaneum Desa Mekarbuana sudah bisa kembali dilalui 

TRIBUNJABAR.ID,CIAMIS – Jalur jalan yang menghubungkan Dusun Cogreg dan Dusun Cimaneum Desa Mekarbuana Kecamatan Panawangan Ciamis sempat terputus sejak Minggu (23/5) malam.

Ruas jalan yang berada di Dusun Cogreg Rt 01 RW 07 Desa Mekarbuana tertimbun longsor sepanjang 200 meter menyusul runtuh tebing jalan setinggi 15 meter akibat hujan lebat yang mengguyur sepanjang sore Minggu (23/5).

“Tapi siang ini  jalan kampung  yang menghubungkan kedua dusun tersebut sudah bisa dilalui kembali. Sejak Senin (24/5) warga terus bergotong rotong menyingkirkan puing longsor secara manual."

"Pakai pacul, linggis, sekop dan sebagainya. Siang ini gotong royong selesai, jalan sudah bisa dilalui lagi,” ujar Kades Mekarbuana Kecamatan Panawangan, Ade Sambas kepada Tribun Rabu (26/5).

Hujan lebat yang terjadi sepanjang sore, Minggu (23/5) tersebut memicu longsornya tebing setinggi 15 meter di Blok Babakan Dusun Cogreg Rt 01 RW 07 Desa Mekarbuana.

Runtuhan tebing tidak hanya menimbun ruas jalan kampung sepanjang 200 meter yang menghubungkan Dusun Cogreg dan Dusun Cimaneum Desa Mekarbuana.

Tetapi juga 300 bata (setengah hektare) sawah berisi tanaman padi dan 3 petak kolam yang berada di bawah jalan.

Kandang sapi milik  H Usep dan Apid yang berada tidak jauh dari kolam, luput dari hantaman longsor. Sepuluh ekor sapi yang ada di kandang selamat.

Paling parah longsor tebing tersebut menimbun selokan Curug Ciwur dan menyumbat gorong-gorong jembatan sehingga terjadi genangan air yang memicu luapan air ke jalan dan ke sawah warga. Mirip banjir bandang.

Selokan  Curug Siwur kembali normal setelah warga menyingkirkan puing longsor yang menimbun selokan dan gorong-gorong.

“Kami berharap  gorong-gorong jembatan bisa diperlebar agar tidak tersumbat lagi. Demikian juga tebingnya, ditembok agar lebih kuat,” katanya (andri m dani)

Penulis: Andri M Dani
Editor: Ravianto
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved