Breaking News:

Posisi Matahari Tepat di Atas Kabah 27 Mei 2021, Saatnya Periksa Kembali Arah Kiblat

Matahari akan kembali tepat berada di atas Kabah, Mekah, Saudi Arabia, pada Kamis (27/5/2021). Karena itu, saatnya periksa kembali arah kiblat

Editor: Darajat Arianto
ISTIMEWA
Cara mengukur arah kiblat. 

TRIBUNJABAR.ID, JAKARTA - Matahari akan kembali tepat berada di atas Kabah, Mekah, Saudi Arabia, pada Kamis (27/5/2021) sekitar pukul 12.18 waktu setempat.

Fenomena langit yang juga disebut dengan ‘bayangan nol’ ini akan terjadi dua kali dalam satu tahun di Masjidil Haram. Hal itu karena lokasi Masjidil Haram berada di antara khatulistiwa dan garis balik utara (tropic of cancer).

Dikutip dari laman Nu Online, Kepala Perkumpulan Astronomi Jeddah, Majed Abu Zahra, menjelaskan, piringan matahari akan berada tepat di atas Ka’bah dan matahari akan kehilangan bayangannya untuk waktu yang singkat.

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menyampaikan fenomena Matahari di atas Ka'bah itu disebut juga sebagai Istiwa'ul A'zham atau Great Culmination.

Baca juga: Jadwal Puncak Gerhana Bulan Total Hari Ini di Berbagai Daerah Indonesia, Termasuk Jabar dan Jakarta

LAPAN menjelaskan fenomena itu terjadi saat deklinasi Matahari bernilai sama dengan lintang geografis Kabah. Jadi, Matahari berada tepat di atas Kabah ketika tengah hari.

"Karena itu, setiap bayangan yang terbentuk pada saat tersebut akan mengarah ke Kabah," tulis Lapan dalam laman resmi, yang dikutip Selasa (27/5/2021).

Baca juga: Salat Idulfitri di Masjidil Aqsa, 100 Ribu Warga Palestina Padati Kiblat Pertama Umat Islam

Pada momen ini, masyarakat khususnya umat Islam dapat memanfaatkannya untuk mengecek kembali arah kiblat yang tepat, yakni dengan meletakkan tongkat kayu secara vertikal di tanah. Arah kiblat akan berlawanan dengan bayangan tongkat.

Dikutip dari TribunJogja.com, Kepala Bidang Urusan Agama Islam Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY, Nadhif menjelaskan terkait hal-hal yang yang perlu diperhatikan dalam penentuan kiblat.

Baca juga: Peristiwa Hari Ini Matahari Berada Tepat di Atas Kabah, Cek Kembali Arah Kiblat dan Catat Waktunya

Pertama yakni sinar matahari cerah tidak tertutup awan sehingga ada bayangan yang terlihat, lalu pastikan benda yang menjadi patokan harus benar-benar berdiri tegak lurus atau menggunakan lot/bandul, permukaan dasar harus betul-betul datar dan rata.

Kemudian jam pengukuran harus disesuaikan dengan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Radio Republik Indonesia (RRI) atau Telkom.

Diketahui, setelah tanggal 27 Mei, Matahari berada di atas Kabah kembali akan terjadi pada 15 Juli 2021. (Kompas.tv/Isnaya Helmi)

Artikel ini telah tayang di Kompas.tv dengan judul “Matahari Berada Tepat di Atas Kabah 27 Mei 2021, Waktunya Cek Kembali Arah Kiblat”

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved