Breaking News:

Kabupaten Bandung Dilanda Banjir Besar pada Musim Kemarau, BPBD: Ini di Luar Perkiraan

Kepala pelaksana harian BPBD Kabupaten Bandung, Ahmad Johara, mengatakan banjir kali ini sama sekali tak mereka duga karena sudah musim kemarau

Editor: Tarsisius Sutomonaio
Tribun Jabar/Lutfi Ahmad Mauludin
Lebih dari 10 ribu rumah terendam banjir di Kecamatan Baleendah, Dayeuhkolot, Bojongsoang, dan Margahayu, Kabupaten Bandung, Selasa (25/5/2021). 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG- Lebih dari 10 ribu rumah di Kabupaten Bandung kembali terendam banjir menyusul hujan deras yang turun sepanjang Senin (24/5) sore hingga Selasa (25/5) dini hari.

Ribuan rumah yang terendam banjir tersebar di empat kecamatan yang selama ini memang kerap dilanda banjir, yakni Kecamatan Dayeuhkolot, Kecamatan Baleendah, Bojongsoang, dan Kecamatan Margahayu.

Ketinggian air bervariasi, mulai 20-an sentimeter hingga sekitar 1,5 meter. Jalan Raya Dayeuhkolot-Baleendah sempat tak bisa dilalui. Di beberapa titik di jalan utama ini, kedalaman banjir mencapai sekitar 60 sentimeter.

Apud Supriatna (70), warga Kampung Kaum, Desa/Kecamatan Dayeuhkolot, mengatakan meski hujan deras turun sejak sore, banjir baru terjadi ketika hujan susah sedikit reda, Selasa dini hari.

"Pada Senin malam banjir belum terjadi. Banjir baru menerjang sekitar pukul 02.30," kata Apud, saat ditemui di Jembatan Citarum, penghubung Kecamatan Dayeuhkolot- Kecamatan Baleendah.

Banjir di Jalan Raya Banjaran-Dayeuhkolot, Selasa (25/5/2021).
Banjir di Jalan Raya Banjaran-Dayeuhkolot, Selasa (25/5/2021). (lutfi ahmad mauludin/tribun jabar)

Apud mengatakan, akibat banjir ini jalan dari Dayeuhkolot menuju Baleendah tidak bisa dilalui kendaraan.  "Hanya kendaraan yang tinggi bisa melewatinya," kata Apud.

Baca juga: Ratusan Rumah di Karawang Terendam Banjir Kiriman dari Luapan Sungai Citarum dan Cibeet

Apud mengatakan, di permukiman, kedalaman air ada yang sudah mencapai sekitar 1,5 meter. Sepanjang tahun ini, menurut Apud, banjir sebenarnya sudah jarang terjadi, apalagi sebesar hari itu.

"Tahun lalu, setiap kali turun hujan besar, tak lama daerahnya pasti tergenang. Sekarang mendingan. Baru kali ini lagi banjir besar," ujarya.

Akibat banjir, kemarin, Jalan Siliwangi, yang menghubungkan Baleendah dan Bojongsoang, dipadati kendaraan. Kepadatan di Jalan Siliwangi terjadi karena ruas jalan Banjaran menuju Dayeuhkolot tergenang.

"Karena itu kendaraan kami alihkan ke Jalan Adipati Kusumah, Pengadilan, tembus ke Jalan Siliwangi dan diarahkan langsung ke Bojongsoang," ujar Kapolsek Baleendah, AKP Sungkowo, di Baleendah.

Baca juga: Lebih dari 10 Ribu Rumah di Kabupaten Bandung Terendam Banjir, Tersebar di 4 Kecamatan

Halaman
123
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved