Breaking News:

Jelang Gerhana Bulan Total, Observatorium Bosscha Tutup Akses untuk Masyarakat, Pilih Cara Ini

Tidak seperti beberapa tahun sebelumnya observatorium Bosscha menutup akses bagi masyarakat yang hendak melakukan kunjungan

Observatorium Bosscha menutup akses bagi masyarakat yang hendak melakukan kunjungan ke tempat tersebut sejak awal pandemi COVID-19.  

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG BARAT - Tidak seperti beberapa tahun sebelumnya, suasana sepi tanpa pengunjung terlihat jelas di Observatorium Bosscha yang berlokasi di Jalan Peneropongan Bintang No.45, Lembang, Kabupaten Bandung Barat saat Gerhana Bulan Total pada hari ini, Rabu (26/5/2021). 

Hal ini dikarenakan observatorium Bosscha menutup akses bagi masyarakat yang hendak melakukan kunjungan ke tempat tersebut sejak awal pandemi COVID-19. 

Kendati demikian, guna menyiasati keterbatasan ini, Observatorium Bosscha sendiri membuat program Pengamatan Virtual Langit Malam (PVLM). 

Baca juga: Jemaah Penuhi Masjid Agung Al-Imam Majalengka untuk Dapat Ikut Salat Gerhana Bulan Total

Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk memperkenalkan astronomi secara populer kepada masyarakat di tengah situasi pandemi.

Dengan demikian, masyarakat tetap bisa mendapatkan akses untuk melakukan pengamatan Gerhana Bulan Total melalui teleskop tanpa harus datang ke Observatorium Bosscha

"Masyarakat masih bisa mengakses pengamatan dan mendapatkan pengetahuan astronomi melalui teleskop Observatorium Bosscha, tanpa perlu datang ke Bosscha," ujar peneliti Observatorium Bosscha, Yatny Yulianty. 

Yatny mengatakan, pada tahun 2021, PVLM rutin digelar setiap bulan yang disiarkan langsung melalui saluran-saluran di internet sepeti Youtube dan platform lainnya. 

Yatny mengatakan, PVLM GBT hari ini, obseBosscha bekerja sama dengan Universitas Nusa Cendana di Kupang, Nusa Tenggara Timur, komunitas pecinta astronomi Pecinta Langit Timur (Pelati), dan seorang astronom dari Kupang bernama Zulkarnain.

Baca juga: Menjelang Kemunculan Gerhana Bulan, Langit Pantai Citepus Sukabumi Mendung, Gelombang Laut Tinggi

Yatny menambahkan, PVLM dapat disaksikan di channel Youtube Bosscha Observatory dan Slido mulai pulul 17.00 WIB.

Dengan Slido, masyarakat bukan hanya diajak menonton, tapi juga bisa mengikuti sesi diskusi interaktif mulai memberikan pertanyaan, menjawab pertanyaan, dan mengikuti polling.

Bagi masyarakat yang mau bergabung di Slido, bisa mendaftar secara gratis melalui situs resmi Observatorium Bosscha dengan kuota terbatas sebanyak 700 orang.

Penulis: Wildan Noviansah
Editor: Siti Fatimah
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved