BMKG Bandung Gelar Pengamatan di Lereng Anteng, Warga Lihat Super Blood Moon Sambil Ngafe

Saat gerhana bulan total, warga yang sedang menyantap makanan di cafe itu turut menikmati pemandangan alam yang langka itu.

Penulis: Mega Nugraha | Editor: Seli Andina Miranti
Tribun Jabar/ Mega Nugraha
Stasiun Geofisika BMKG Bandung menggelar pengamatan di Lereng Anteng, Punclut. Saat bersamaan, warga yang sedang menyantap makanan di cafe itu turut menikmati pemandangan alam yang langka itu. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mega Nugraha

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Fenomena Gerhana Bulan Total atau super blood moon tampak terlihat jelas di Bandung, Rabu (25/5/2021).

Stasiun Geofisika BMKG Bandung menggelar pengamatan di Lereng Anteng, Punclut. Saat bersamaan, warga yang sedang menyantap makanan di cafe itu turut menikmati fenomena alam yang langka itu.

Fenomena super blood moon ini sudah mulai terlihat saat matahari mulai tenggelam. Warga yang tidak mau melewatkan momen itu, mengabadikan momen itu dengan kamera ponsel hingga DSLR.

Baca juga: Jemaah Penuhi Masjid Agung Al-Imam Majalengka untuk Dapat Ikut Salat Gerhana Bulan Total

Saat puncak gerhana, tampak keseluruhan bulan memerah. Saat melewati puncak, bulan kembali terang secara perlahan.

"Ini memang fenomena alam yang langka, bisa dilihat dengan mata telanjang dan tidak berpengaruh signifikan bagi kita," ucap Kepala BMKG Bandung, Teguh Rahayu d Lereng Anteng.

Hanya saja, fenomena gerhana itu bakal berpengaruh bagi wilayah di pesisir pantai selatan Jawa, yakni tinggi gelombang laut.

"Di pesisir selatan Jabar normalnya 1,2 meter, sekarang pagi tadi gelombang ya sampai 4 meter. Makanya warga wilayah pesisir selatan perlu mewaspadainya. Dan gelombang itu diprediksi berlangsung hingga 27 Mei pagi," ucap Teguh.

Baca juga: Menjelang Kemunculan Gerhana Bulan, Langit Pantai Citepus Sukabumi Mendung, Gelombang Laut Tinggi

Ia mengaku menggelar pengamatan gerhana di tengah masyarakat sebagai bagian dari edukasi.

"Kami juga edukasi warga, jadi untuk pengamatannya memang tupoksi BMKG, tadi terlihat puncaknya pukul 18.18, berakhirnya pada pukul 18.28 WIB," ucap Teguh.

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved