Breaking News:

Jelang Sekolah Tatap Muka di Sumedang, Baru 50 persen Guru yang Sudah Divaksin Covid-19

Untuk mengejar target vaksinasi terhadap guru tersebut, Disdik bakal terus berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang

Istimewa
Di hari pertama pelaksanaan uji coba pembelajaran tatap muka (PTM) Jateng, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo melakukan sidak di SMAN 1 Ungaran, Senin (5/4/2021). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, SUMEDANG- Proses vaksinasi Covid-19 terhadap guru menjelang pembelajaran tatap muka (PTM) di Kabupaten Sumedang hingga saat ini terus berjalan supaya target selesai pada Juli 2021 mendatang bisa terkejar.

Upaya tersebut dilakukan karena semua guru yang akan mengajar pada pelaksanaan PTM nanti, semuanya sudah harus divaksin untuk mencegah penyebaran Covid-19 di lingkungan sekolah.

Kabid Sarana dan Prasarana, Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang, Eka Ganjar, mengatakan hingga saat ini guru yang sudah divaksin Covid-19 menjelang PTM baru mencapai 50 persen dan diharapkan pada Juli nanti, semua sudah divaksin.

"Sampai saat ini terus berjalan, pola pendekatannya per kecamatan. Memang ini belum seluruhnya, berdasarkan laporan yang kami terima, sudah mencapai 50 persen," ujarnya saat ditemui di Gedung Negara, Selasa (25/5/2021).

Untuk mengejar target vaksinasi terhadap guru tersebut, Disdik bakal terus berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang, terutama terkait ketersedian vaksin yang tersedia untuk guru.

Baca juga: DPR Minta Pemerintah Daerah Hati-hati Gelar Sekolah Tatap Muka, Waspadai Kenaikan Kasus Korona

Eka mengatakan, jika nantinya ada guru yang belum divaksin saat pelaksanaan sekolah tatap muka itu, pihaknya akan berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 Kabupaten Sumedang untuk memastikan apakah guru itu bisa tetap mengajar atau tidak.

"Nanti akan kami konsultasikan dulu ke Satgas, bagaimana jika seandainya nanti pas tahun ajaran baru, pembelajaran tatap muka ini ada guru yang belum divaksin Covid-19," kata Eka.

Sebelumnya, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendaliaan Penyakit (P2P), Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang, Reny K Anton, mengatakan, sasaran vaksinasi terhadap guru di Sumedang ini jumlah totalnya untuk 14.577 sasaran.

Atas hal tersebut pihaknya akan terus melakukan akselerasi vaksinasi terhadap ribuan guru tersebut, agar semua guru sudah disuntik vaksin Covid-19 sebelum pelaksanaan KBM tatap muka dilaksanakan.

"Kita limpahkan sasaran vaksinasi guru ini kepada setiap Puskesmas. Kalau sekarang ada yang belum, mungkin ada yang belum datang atau belum dipanggil oleh pihak puskesmas," kata Reny.

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved