Breaking News:

Sebagian Warga Dukung Pembangunan Menara Kujang Sepasang dan Masjid di Jatigede

Rencana pembangunan Menara Kujang Sapasang dan masjid di Objek Wisata Panenjoan itu juga mendapat respons yang baik dari sejumlah warga Sumedang.

Penulis: Hilman Kamaludin | Editor: Hermawan Aksan
istimewa
Desain Menara Kujang Sapasang dan masjid di objek wisata Panenjoan, Desa Jemah, Kecamatan Jatigede, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, yang akan segera mulai dibangun tahun ini. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, SUMEDANG - Menara Kujang Sapasang dan sebuah masjid akan dibangun di sekitar Waduk Jatigede, tepatnya di Objek Wisata Panenjoan, Desa Jemah, Kecamatan Jatigede, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, pada tahun ini.

Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir mengatakan, selain untuk meningkatkan kualitas keimanan dan ketakwaan masyarakat, pembangunan menara dan masjid itu juga untuk meningkatkan daya tarik dan daya saing pariwisata Kabupaten Sumedang dengan tujuan wisata Jatigede sebagai andalannya.

"Insyaallah pembangunan masjid dan Menara Kujang Sapasang akan dimulai bulan Juni ini. Lokasinya di destinasi wisata Panenjoan, Kecamatan Jatigede," ujarnya kepada Tribun Jabar melalui pesan singkat, Minggu (23/5/2021).

Baca juga: Biaya Bangun Menara Kujang Sapasang di Jatigede Rp 100 M, Warga: Pikirin Dulu Rakyat, Masih Covid-19

Menurut Dony, Menara Kujang Sapasang dan masjid nantinya akan menghadirkan wisata spiritual, wisata alam, wisata budaya, dan wisata teknologi informasi bersatu padu di objek wisata tersebut.

Dengan demikian, kata Dony, objek wisata itu akan menjadi terdepan di Indonesia yang membumi dan melangit, dalam arti membumi karena kearifan budaya Sunda akan diketengahkan melalui ragam hias budaya Sunda dan museum budaya Jatigede.

"Melangit karena nuansa islam sangat kental melalui pembangunan masjid yang megah. Ditopang dengan dukungan teknologi informasi yang canggih," kata Dony.

Rencana pembangunan Menara Kujang Sapasang dan masjid di Objek Wisata Panenjoan itu juga mendapat respons yang baik dari sejumlah warga Kabupaten Sumedang.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kiri) dan Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir saat meninjau lokasi pembangunan menara Kujang Sapasang, Minggu (23/5/2021).
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kiri) dan Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir saat meninjau lokasi pembangunan menara Kujang Sapasang, Minggu (23/5/2021). (Istimewa)

Seorang warga Rancakalong, Aghnia Nurfitria (26), mengatakan, jika di objek wisata Panenjoan terdapat sebuah menara, nantinya pengunjung bisa melihat hamparan Waduk Jatigede dengan lebih indah karena bisa dilihat dari atas menara yang lebih tinggi.

"Harusnya memang seperti itu ada fasilitas yang lain, biar pengunjung gak bosan kalau ke sana. Pemandangannya sudah bagus, apalagi kalau dilihat dari menara," katanya.

Tentang pembangunan masjid, Aghnia juga merespons baik karena jika ada masjid, untuk menjalankan salat saat berwisata tak perlu mencari masjid yang lebih jauh dan harus keluar dari objek wisata tersebut.

Hal yang sama dikatakan warga Rancakalong lainnya, Suryana (32).

Suryana mengatakan, rencana pembangunan kedua bangunan tersebut sangat tepat dilakukan Pemkab Sumedang dan Pemprov Jabar.

"Karena, nantinya bisa meningkatkan wisatawan. Mungkin mereka bakal penasaran juga, termasuk saya sendiri, ya," ucapnya. (*)

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved