Breaking News:

Organisasi Tata Kerja Baru Instansi Vertikal DJP Diharapkan Optimalkan Penerimaan Pajak

Organisasi dan tata kerja baru instansi vertikal Direktorat Jenderal Pajak (DJP) diresmikan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Istimewa
Peresmian organisasi dan tata kerja baru instansi vertikal Direktorat Jenderal Pajak (DJP) yang dilakukan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani yang didampingi Wakil Menteri Keuangan, Suahasil Nazara; Sekretaris Jenderal Kemenkeu, Heru Pambudi; dan Dirjen Pajak, Suryo Utomo.  

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Putri Puspita

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Organisasi dan tata kerja baru instansi vertikal Direktorat Jenderal Pajak (DJP) diresmikan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani yang didampingi Wakil Menteri Keuangan, Suahasil Nazara; Sekretaris Jenderal Kemenkeu, Heru Pambudi; dan Dirjen Pajak, Suryo Utomo.

Peresmian dilakukan Senin (24/5/2021).

Peresmian ini dilakukan secara simbolis dengan pemukulan gong.

Penataan organisasi tersebut menjadi satu di antara strategi yang dijalankan untuk meningkatkan kapasitas organisasi.

Ketika memberikan sambutan, Suryo Utomo mengatakan, tujuan dari penataan organisasi yaitu mengoptimalkan penerimaan pajak dan mewujudkan organisasi yang andal, efektif, dan efisien dapat tercapai.

Suryo mengatakan, beberapa perubahan yang dilakukan adalah terhadap cara kerja melingkupi pembagian beban yang lebih proporsional dalam menjalankan proses bisnis inti pada kantor pelayanan pajak (KPP).

"Saat ini ada 24 KPP Pratama yang diberhentikan dan bergabung ke 24 KPP Pratama lain. Ada 9 unit kerja  berupa 1 kanwil, 5 KPP Pratama, dan 3 KP2KP yang berubah nama. Lalu, ada 18 KPP Madya baru," ujarnya, Senin (24/5/2021).

Adanya tata kerja baru ini, maka KPP Pratama akan lebih fokus pada penguasaan wilayah termasuk mengenai informasi, pendataan, pemetaan subjek dan objek pajak melalui produksi data, pengawasan formal serta material SPT masa dan SPT tahunan.

Sri Mulyani mengatakan, reorganisasi instansi vertikal DJP melalui penambahan KPP Madya menjadi bagian dari reformasi perpajakan di Indonesia.

Halaman
12
Penulis: Putri Puspita Nilawati
Editor: Giri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved