Breaking News:

Hasil Rapid Test Antigen Positif Covid-19, Tujuh Pemudik Diputar Balik dari Cirebon

Pasalnya, mereka dinyatakan positif Covid-19 berdasarkan hasil pemeriksaan rapid test antigen yang dilakukan di pos penyekatan.

Tribun Jabar/ Hilman Kamaludin
ILUSTRASI- Petugas gabungan saat melakukan penyekatan pemudik di Exit Tol Cileunyi, Jumat (14/5/2021). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Ahmad Imam Baehaqi

TRIBUNCIREBON.COM, CIREBON- Tujuh pemudik dari arah Jawa Tengah menuju Jakarta terpaksa diputar balik petugas pos penyekatan Rawagatel, Kecamatan Susukan, Kabupaten Cirebon.

Pasalnya, mereka dinyatakan positif Covid-19 berdasarkan hasil pemeriksaan rapid test antigen yang dilakukan di pos itu.

Kapolresta Cirebon, Kombes Pol M Syahduddi, mengatakan, tujuh orang itu adalah total pemudik yang diputarbalikkan hingga kini.

Menurut dia, para pemudik itupun berasal dari berbagai daerah, bahkan ada juga yang tercatat sebagai warga luar provinsi Jawa Barat.

"Mereka terindikasi terpapar Covid-19 sehingga tidak diperkenankan melanjutkan perjalanannya," ujar M Syahduddi saat ditemui di pos penyekatan Rawagatel, Kecamatan Susukan, Kabupaten Cirebon, Jumat (21/5/2021).

Baca juga: 6 Ribu Pemudik dan Wisatawan di Jabar Dites, 53 Orang Terpapar Covid-19

Ia mengatakan, data-data ketujuh orang tersebut juga telah dikirimkan ke Dinas Kesehatan (Dinkes) daerah asalnya.

Agar Satgas Penanganan Covid-19 setempat segera menindaklanjutinya melalui pemeriksaan swab PCR.

"Swab PCR ini diperlukan untuk memastikan mereka benar-benar terpapar virus corona atau tidak," kata M Syahduddi.

Syahduddi menyampaikan, penyekatan itupun untuk mengantisipasi adanya lonjakan arus balik dari arah Jawa Tengah ke arah Jakarta.

Karenanya, pihaknya memperpanjang pos penyekatan, pos pengamanan, dan pos palayanan yang ada di wilayah hukum Polresta Cirebon.

Namun, petugas pos penyekatan hanya menanyakan apakah pemudik mempunyai surat keterangan negatif Covid-19 atau tidaknya.

"Kalau ada suratnya silakan lanjut, tapi kalau tidak ada kami siapkan pemeriksaan rapid test antigen," ujar M Syahduddi.

Penulis: Ahmad Imam Baehaqi
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved