Breaking News:

Pemilik Kos Tolak Kosnya Dijadikan Tempat Isolasi, dari Masih Ada Barang hingga Khawatir Didemo

Ada beragam alasan yang membuat pemilik kost lebih memilih membiarkan rumah kosnya kosong ketimbang menjadikannya sebagai tempat isolasi

Penulis: Tiah SM | Editor: Seli Andina Miranti
nazmi abdurrahman/tribun jabar
Kost-kostan di daerah Taman Sari, Kota Bandung. Beberapa kosan mahasiswa di Taman Sari yang ditinggal penghuninya ke kampung halaman dibiarkan kosong, tanpa penghuni dan hanya diisi barang-barang milik mahasiswa. 

TRIBUNJABAR.ID - Rumah-rumah kos yang kosong karena ditinggalkan oleh para penghuninya akan dijadikan tempat isolasi bagi mereka yang baru saja pulang kampung pasca-mudik Lebaran. Di Kota Bandung, hal ini mulai dilakukan di Kecamatan Bandung Wetan.

Camat Bandung Wetan, Sony Bakhtya, mengatakan, di Bandung Wetan banyak sekali terdapat tempat kos, terutama di wilayah Kelurahan Tamansari. Tempat-tempat kosan itu kosong karena hampir semua mahasiswa yang semula menjadi penghuni rumah kos itu pulang karena pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 dilakukan secara daring.

"Nah, para pemilik rumah kos bisa menyumbangkan rumah kosnya untuk digunakan sebagai tempat isolasi bagi warga yang berada di Kecamatan Bandung Wetan," ujar Camat Bandung Wetan, Sony Bakhtya, kepada Tribun Jabar, Rabu (19/5/2021).

Sony mengatakan, semua warganya yang melakukan perjalanan ke luar Bandung sudah didata, bail yang ada di Kelurahan Tamansari, Citarum, maupun Cihapit.

"Semua yang  kembali dari luar kota harus isolasi dulu. Kami sudah membentuk Satgas Covid-19 hingga ke tingkat RW. Warga yang keluar-masuk dipantau oleh Satgas sampai ke level RW," ujarnya.

Menolak

Rencana pemerintah menjadikan rumah kos sebagai tempat isolasi bagi mereka yang baru pulang mudik dari luar kota mendapat penolakan dari sejumlah pengelola rumah kos. Para pengelola kos yang ditemui Tribun, kemarin, mengatakan bahwa rencana pemerintah itu sulit sekali mereka penuhi.

Mereka mengaku ada beragam alasan yang membuat mereka lebih memilih membiarkan rumah kosnya kosong ketimbang menjadikannya sebagai tempat isolasi

Kosan Mahasiswa Kebon Bibit, Jalan Kebon Bibit Utara, Tamansari, misalnya. Beberapa kamar di kos di tempat kos tersebut dibiarkan kosong selama pandemi. Tamunan (52), pengelola kosan tersebut, mengatakan meski kamar kosnya tidak ada penghuni, di dalam setiap kamar masih terdapat barang-barang mahasiswa yang sedang pulang ke tempat tinggalnya.

Baca juga: Banyak Pemillik Kost-kostan di Bandung Tak Mau Tempat Mereka Dijadikan Tempat Isolasi

"Kosan saya enggak dijadikan tempat isolasi karena masih ada isinya, mahasiswa anak-anak ITB, barang-barangnya masih ada di dalam," ujar Tamunan, saat ditemui di rumah kosnya, kemarin.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved