Breaking News:

Hari Metrologi Sedunia Sebagai Momentum Memperkenalkan Metrologi Kepada Masyarakat

Program Masyarakat Melek Metrologi dilakukan bersamaan dengan Hari Metrologi Sedunia (World Metrology Day) yang jatuh pada tanggal 20 Mei

Istimewa
Hari Metrologi Sedunia (World Metrology Day) yang jatuh pada tanggal 20 Mei 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG.-  Direktorat Metrologi, Ditjen Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan berkolaborasi dengan Dinas yang membidangi perdagangan Provinsi DKI Jakarta dan Kabupaten/Kota seluruh Indonesia menggemakan program Masyarakat Melek Metrologi (3M). Program Masyarakat Melek Metrologi dilakukan bersamaan dengan Hari Metrologi Sedunia (World Metrology Day) yang jatuh pada tanggal 20 Mei.

“Pemberdayaan masyarakat melalui pengenalan metrologi kepada masyarakat menjadi kunci utama suksesnya upaya membangun tertib ukur di daerah dan di tingkat nasional.

Masyarakat yang aktif, cerdas dan berdaya akan mendorong para pelaku usaha khususnya wajib tera untuk menjadi semakin bertanggungjawab dalam memastikan bahwa alat ukur, alat takar, dan alat timbang yang digunakan dalam transaksi perdagangan sudah sesuai ketentuan yang berlaku” ujar Rusmin Amin, Direktur Metrologi, dalam kegiatan Silaturahmi Metrologi Nusantara yang digelar secara daring dan diikuti oleh seluruh Kepala Dinas yang membidangi Provinsi DKI Jakarta dan Kabupaten/Kota seluruh Indonesia.

Berbagai upaya dapat dilakukan oleh para pemerintah daerah dengan berkolaborasi dengan para pemangku kepentingan dan pelaku usaha untuk terus memperkenalkan metrologi kepada masyarakat, salah satunya melalui Gerakan 1000 banner dan spanduk yang dipasang di pasar tradisional, pasar modern, SPBU dan lain-lain, yang telah dilakukan oleh Pemerintah Daerah dalam rangka memperingati Hari Metrologi Sedunia dan juga dalam rangka mengedukasi masyarakat merupakan langkah besar untuk menumbuhkembangkan budaya peduli ukuran, takaran, dan timbangan.

Kegiatan lain juga dilakukan oleh Pemerintah Daerah melalui Unit Metrologi Legal dan Akademi Metrologi dan Instrumentasi (AKMET) Kementerian Perdagangan seperti kegiatan sosial donor darah, pelayanan tera dan tera ulang secara gratis bagi pelaku UMK, edukasi kepada masyarakat, perlombaan seperti fotografi, esai, komik, poster, desain stiker, penulisan makalah ilmiah, dan lain-lain.

“Apresiasi buat pemerintah daerah yang telah menyelenggarakan berbagai kegiatan dalam rangka memperingati Hari Metrologi Sedunia. Metrologi akan terus berkembang dan dikenal oleh masyarakat konsumen apabila secara berkesinambungan terus dilakukan dan disosialisaikan.

Pada tanggal 24-27 Mei 2021, Kementerian Perdagangan akan berkolaborasi dengan Badan Standardisasi Nasional menyelenggarakan Seminar Nasional dan Talkshow dengan tema Sinergi Metrologi Pulihkan Ekonomi” lanjut Rusmin Amin.

Rusmin Amin juga menambahkan untuk mendorong upaya peningkatan tertib ukur, pembentukan Juru Ukur, takar, dan Timbang di pasar tradisional, pasar modern, dan SPBU sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 90 tahun 2020 tentang Juru Ukur, takar, dan Timbang dapat dilakukan oleh Pemerintah Daerah dengan berkolaborasi dengan pemangku kepentingan.

Juru Ukur, Takar, dan Timbang dapat berperan membantu pemerintah daerah tidak hanya dalam memantau kondisi alat ukur, alat takar, dan alat timbang yang digunakan di tempat usaha, tetapi juga membantu mengedukasi para pengguna alat ukur dan juga memberikan nilai tambah meningkatkan kepercayaan terhadap hasil pengukuran di tempat usaha tersebut.

“Untuk itu, kami mengharapkan pemerintah daerah dapat membentuk Juru Ukur, Takar, dan Timbang sehingga dapat membantu penyelenggaraan kegiatan metrologi legal dalam rangka mewujudkan tertib ukur.” Ujar Rusmin Amin.

Ditempat terpisah, Veri Anggrijono, Direktur Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan mengatakan bahwa peran metrologi cukup besar tidak hanya dalam kerangka mewujudkan perlindungan konsumen dan tertib niaga, tetapi tertib ukur juga dapat ikut mendorong pemulihan ekonomi nasional melalui upaya mendorong konsumen semakin percaya dan yakin dalam bertransaksi sehingga meningkatkan daya beli konsumen.

Hari Metrologi Sedunia

Hari Metrologi Sedunia diperingati setiap tanggal 20 Mei untuk memperingati penandatanganan Konvensi Meter pada tanggal 20 Mei 1875 oleh perwakilan dari tujuh belas Negara yang merupakan tonggak sejarah terciptanya keseragamanpengukuran secara internasional.

Untuk tahun 2021, Hari Metrologi Sedunia diperingati oleh seluruh dunia dengan mengambil tema “Pengukuran untuk mendukung Kesehatan” sejalan dengan kondisi dunia.

Dengan tema ini diharapkan masyarakat dapat mengenal bagaimana metrologi berperan dalam mendukung upaya pemerintah dalam menangani kondisi pandemi COVID-19 dan upaya pemulihan ekonomi nasional.

Editor: bisnistribunjabar
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved