Breaking News:

Kota Sukabumi

Relawan Belajar Siap Siaga Bencana, BPBD Kota Sukabumi Ingin Banyak Kelurahan Tangguh Bencana

Sebanyak 22 relawan bencana alam mengikuti pelatihan kesiap siagaan kebencanaan yang dilaksanakan BPBD Kota Sukabumi.

Penulis: Fauzi Noviandi | Editor: Kisdiantoro
Tribunjabar.id/Fauzi Noviandi
Sejumlah relawan saat mengikuti pelatahan ketangguhan bencana alam di Sukabumi. 

Laporan Kontributor Tribunjabar.id, Kota Sukabumi, Fauzi Noviandi

TRIBUNJABAR.ID, SUKABUMI - Sebanyak 22 relawan bencana alam mengikuti pelatihan kesiap siagaan kebencanaan yang dilaksanakan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi.

Kalak BPBD Kota Sukabumi, Imran Wardani mengatakan, sebanyak 22 relawan tersebut berasal dari komunitas dan oraganisasi kemanusiaan, seperti Palang Merah Indonesia (PMI), Orari dan Karang Taruna.

"Pelatiahan kesiagiaan ini dilakukan selama tiga hari, yang dimulai, Selasa (18/5/2021) hingga Kamis (20/5/2021)," kata Imran saat diwawancarai di rusngan kerjanya di Jalan Letda T Asmita, Kelurahan Gedongpanjang, Rabu (19/5/2021).

Baca juga: Delapan Orang Tenggelam di Pantai Selatan Sukabumi Selama Libur Lebaran, Satu Orang Meninggal

Selama tiga hari tersebut, kata dia, para relawan yang mengikuti pelatihan kesiap siagaan kebentaan tersebut mendapatkan sejumlah pelatihan, seperti pengenalan tanggap bencana, kesehatan, pencarian orang.

"Pada hari pertama mereka mendapatkan materi pengelanan bencana, mulai dari mitigasi bencana, rehabilitasi, kesehatan sedangkan haru kedua, pengenalan lapangan, mapping atau pencarian, dan di hari terakhir simulasi," katanya.

Imran menjelaskan, selain melatih relawan kebencanaan, pihaknya dalam satu tahun mentargetkan dua kelurahan di Kota Sukabumi, sebagai Kelurahan Tangguh Bencana.

Baca juga: Delapan Orang Tenggelam di Pantai Selatan Sukabumi Selama Libur Lebaran, Satu Orang Meninggal

"Hingga sejauh ini sudah ada sebanyak 13 kelurahan dari 33 kelautan di Kota Suakbumi yang telah dicetuskan sebagai kelurahan tangguh bencana," katanya. (ADV)

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved