Breaking News:

Arus Balik Lebaran

Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19, Pemudik dari Zona Merah Diminta Lakukan Isolasi Mandiri

Doni Monardo meminta masyarakat yang bepergian dari wilayah yang tergolong zona merah dan oranye melakukan karantina mandiri.

Editor: Hermawan Aksan
Tribunnews
Ketua Satgas Covid-19 sekaligus Ketua BNPB, Doni Monardo, meminta masyarakat yang bepergian dari wilayah yang tergolong zona merah dan oranye melakukan karantina mandiri. 

TRIBUNJABAR.ID - Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Letjen Doni Monardo meminta masyarakat yang bepergian dari wilayah yang tergolong zona merah dan oranye melakukan karantina mandiri.

Tujuannya, kata Doni, untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan kasus Covid-19 pascaliburan Idulfitri, yang membuat mobilitas penduduk meningkat.

"Perlu kita perhatikan sekarang adalah bagaimana agar kasus ini tidak melonjak. Satu faktor utamanya adalah melakukan program karantina secara mandiri bagi mereka yang kembali dari berpergian," kata Doni seusai rapat terbatas dengan Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (17/5/2021).

Baca juga: Tempat Wisata di Zona Merah dan Oranye HARUS TUTUP Selama Libur Lebaran 2021

Doni meminta para kepala daerah mengeluarkan imbauan agar masyarakat yang bepergian dari dua zona tersebut melakukan karantina secara mandiri di kediaman masing-masing sebelum berkativitas.

"Semua ini dilakukan agar penularan kasus ini bisa kita kendalikan lebih baik lagi dibandingkan tahun lalu," katanya.

Berdasarkan pengalaman, kata Doni, libur panjang menyebabkan mobilitas penduduk meningkat yang berdampak pada melonjaknya kasus Covid-19.

Bahkan, menurutnya, libur panjang juga berdampak pada meningkatnya angka kematian dan keterisian tempat tidur.

"Belajar dari pengalaman satu tahun terakhir, kasus aktif yang meningkat setelah libur panjang berada pada kisaran 78 persen hingga 119 persen. Angka kematian berkisar 46 persen sampai 75 persen. Ini terjadi setiap libur panjang," ujarnya.

Dalam rapat terbatas kemarin, Presiden Joko Widodo memerintahkan kepada jajarannya untuk memperkuat PPKM Mikro pasca-Lebaran.

Penguatan PPKM dilakukan di daerah asal pemudik dan daerah tujuan arus balik.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved