Breaking News:

Satwa Langka Ini Ditemukan di Pohon Jambu, Alami luka Bakar, Satu Ekor Hewan Kakinya Lumpuh

Pasca hari raya Idulfitri ini Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Wilayah III Jabar di Ciamis telah menerima penyerahan dua ekor satwa langka

Satwa Langka Ini Ditemukan di Pohon Jambu, Alami luka Bakar, Satu Ekor Hewan Kakinya Lumpuh
Pasca hari raya Idulfitri ini Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Wilayah III Jabar di Ciamis telah menerima penyerahan dua ekor kukang (Nycticebus javanicus).

TRIBUNJABAR.ID,CIAMIS – Pasca hari raya Idulfitri ini Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Wilayah III Jabar di Ciamis telah menerima penyerahan dua ekor kukang (Nycticebus javanicus).

Terakhir seekor kukang yang ditemukan warga di pohon jambu di Cempaka Warna Ciilembang Tasikmalaya Sabtu (15/5) yang diserahkan ke BKSDAWilayah III Jabar di Ciamis melalui Seksi BKSDA Sukarindik Tasikmalaya, Senin (17/5) sore.

Sebelumnya pada H+2, Sabtu (15/5) BKSDA Wilayah III Jabar di Ciamis  telah menerima penyerahan seekor kukang dari seorang warga dari Rajadesa Ciamis.

“Pasca lebaran ini kami sudah menerima penyerahan dua ekor kukang. Terakhir tadi sore yang ditemukan warga di Kota Tasikmalaya. Sebelumnya pada H+2, Sabtu (15/5) kami telah menerima penyerahan seekor kukang dari warga dari Rajadesa,” ujar fungsional Bidang KSDA pada BKSDA Wilayah III Jabar, Dede Nurhidayat S.Hut kepada Tribun Senin (17/5).

Kedua ekor satwa langka yang dilindungi tersebut untuk sementara kini disimpan di kandang di bagian belakang kantor BKSDA Wilayah III Jabar di Komplek Perkantoran Kertasari Ciamis tersebut.

Individu kukang yang ditemukan warga di pohon jambu di Cempaka Warna Kota Tasuikmalaya menurut Dede Nurhidayat, dalam kondisi sakit bagian kaki depan (tangan) kanannya yang mengalami luka bakar.

Sementara individu kukang yang diserahkan warga dari Rajadesa kondisinya lebih parah lagi.

Kedua kakinya dalam keadaan lumpuh.

Diperkirakan merupakan kukang peliharaan karena kondisinya sudah begitu jinak.

Kedua ekor kukang  dewasa yang diterima  BKSDA Wilayah III Jabar pasca lebaran tersebut katanya akan segera dicek kondisi kesehatannya oleh   tim medis satwa dari  Pusat Rehabilitasi Kukang Yayasan IAR Indonesia.
“Diharapkan tim medis dari Yayasan IAR Indonesia sudah sampai di Ciamis besok (Selasa, 18/5),” katanya.

Setelah dilakukan pengecekan kesehatan,  kedua ekor kukang (primata malam ) tersebut akan di”titiprawat” kepada Pusat Rehabilitasi Kukang Yayasan IAR Indonesia. Sampai kondisinya pulih dan normal kembali sehingga bisa dilepas liarkan kehutan yang menjadi habitat kukang.

Penulis: Andri M Dani
Editor: Siti Fatimah
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved