Breaking News:

AWAS, Dua Penyakit Ini Sering 'Hadir' Usai Lebaran, Jangan Anggap Remeh

Kepala Dinkes Purwakarta, Deni Darmawan mengatakan kedua penyakit ini memang tidak terlalu bahaya seperti Covid-19. Tetapi, tetap  perlu diwaspadai.

Sajiansedap
resep memasak ketupat 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Nandri Prilatama 

TRIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA - Usai lebaran, ada dua penyakit yang biasa hadir dan hal itu tengah diawasi oleh Dinas Kesehatan Purwakarta selain penyebaran Covid-19. Apa dua penyakit itu? Ya, kedua penyakit itu ialah diare dan infeksi saluran pernafasan atas (ISPA).

Kepala Dinkes Purwakarta, Deni Darmawan mengatakan kedua penyakit ini memang tidak terlalu bahaya seperti Covid-19. Tetapi, tetap  perlu diwaspadai.

"Pengalaman sudah-sudah, setelah lebaran ini penderita diare terjadi lonjakan. Kemungkinan karena perubahan pola makan masyarakat yang berbeda ketika puasa sebulan," ujarnya, Minggu (16/5/2021).

Secara rutin, lanjut Deni, pihaknya mewaspadai penyakit diare ini pascalebaran dan melakukan pelayanan terbaik kepada mereka yang menderita serta meminta tenang tak perlu khawatir ketika menderita diare atau ISPA.

"ISPA atau diare itu penyakit yang bisa diobati dengan penanganan cepat dan tepat. Kuncinya juga sebenarnya ada pada diri masing-masing berupa menjalankan pola hidup bersih dan sehat," katanya. 

Baca juga: Waspada, Ini Penyakit yang Mengancam Saat Anda Berlebaran, Jangan Lapar Mata

Penulis: Muhamad Nandri Prilatama
Editor: Seli Andina Miranti
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved