Breaking News:

Arus Balik Lebaran, Pos Penyekatan di Kabupaten Bandung Ini Akan Siapkan Rapid Tes Antigen Acak

Pos penyekatan di Kabupaten Bandung ini akan lakukan rapid tes antigen acak bagi pemudik saat arus balik lebaran

Penulis: Cipta Permana | Editor: Siti Fatimah
Pos penyekatan di Kabupaten Bandung ini akan lakukan rapid tes antigen acak bagi pemudik saat arus balik lebaran 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Meski kondisi arus lalu lintas akses Jalan Soreang mengarah Jalan Ciwidey mangalami kepadatan kendaraan yang mengular hingga mencapai sepuluh kilometer, namun pemandangan berbeda justru terjadi di gerbang tol Soroja, yang menjadi akses masuk kendaraan dari arah luar Kabupaten Bandung.

Berdasarkan pengamatan lapangan pada H+3 lebaran 1442 H, arus lalu lintas kendaraan di gerbang tol Soroja terpantau lancar dan lengang.

Bahkan, para petugas gabungan yang selama beberapa hari terakhir, biasa melakukan penyekatan dan memutar balikan kendaraan dengan plot nomor luar wilayah Bandung Raya yang melintas di pintu keluar gerbang Tol Soroja. 

Baca juga: Pemudik Asal Bekasi Reaktif Saat di Tes Covid-19, Tolak Di Isolasi, 7 Keluarga Lain Di Putar Balik

Namun sejak pagi tadi hal tersebut tidak terjadi, dan para petugas justru beralih dengan berjaga di sisi seberang atau pintu masuk gerbang tol Soroja.

Kasubnit 2 Turjawali Satlantas Polresta Bandung, Ipda Sofyan Hadi mengatakan, bahwa mulai saat ini, masa berlaku arus mudik telah berakhir, dan beralih dengan dimulainya masa arus balik kendaraan dari dalam Kabupaten Bandung kembali menuju daerah asal masing-masing.

"Untuk arus lalu lintas di gerbang tol Soroja sejauh ini, aman, lancar, dan terkendali. Jadi mulai hari ini, Sabtu (15/5/2021), untuk kegiatan penyekatan kendaraan mudik sudah ditiadakan, dan di ubah menjadi penyekatan arus balik," ujarnya saat ditemui di Pos Pelayanan Lebaran gerbang Tol Soroja, Sabtu (15/5/2021).

Seiring dengan perubahan status penyekatan kendaraan, maka cara bertindak (CB) yang dilakukan para petugas pun berbeda, dimana kendaraan-kendaran dengan plat nomer luar Bandung akan dilakukan pemeriksaan rapid tes antigen sebelum memasuki gerbang Tol Soroja, Kabupaten Bandung.

Baca juga: Jika Tak Kooperatif, Warga Jakarta yang Lolos Mudik Lebaran 2021 Rumahnya akan Didatangi Polisi

Ketika, diperoleh hasil negatif dari pemeriksaan, maka pengemudi dan penumpang dari kendaraan tersebut, dipersilahkan melanjutkan perjalanannya.

Hal ini dilakukan sebagai salah satu upaya mengantisipasi terjadinya penularan covid-19 bagi para wisatawan sebelum kembali ke daerah asalnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved