Breaking News:

Mengira Petugas di Pos Penyekatan Libur, Pengendara Ini Berkendara Tanpa Bawa SIKM

Ada yang mengaku tak membawa surat izin keluar masuk atau SIKM karena mengira petugas di pos penyekatan sedang tak ada karena menikmati liburan Lebara

Dok Humas Polres Ciamis
ILUSTRASI- Petugas gabungan Pos Penyekatan Ciung Wanara Karangkamulyan Cijeungjing Ciamis, Sabtu (8/5/2021), memeriksa mobil dan sepeda motor berpelat luar Priangan Timur (pelat Z) yang melintas jalan nasional jalur selatan tersebut. Dari 22 motor dan mobil yang diperiksa, tidak satu pun yang sampai diminta balik arah. 

TRIBUNJABAR.ID- Selama larangan mudik, banyak pengendara berusaha mengelabui petugas di pos penyekatan.

Ada yang beralasan dalam perjalanan untuk mengantara gaji karyawan.

Ada yang mengaku tak membawa surat izin keluar masuk atau SIKM karena mengira petugas di pos penyekatan sedang tak ada karena menikmati liburan Lebaran.

Usaha mereka gagal karena petugas di pos penyekatan tidak mudah mempercayai kata-kata para pengendarai yang dicurigai pemudik itu.

Pada hari kedelapan Operasi Ketupat Musi atau bertepatan dengan Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah, masih banyak pengendara yang tak paham dengan aturan selama larangan mudik.

Di Pos Penyekatan Gerbang Tol Kramasan di Pemulutan, Ogan Ilir, Sumatera Selatan, misalnya.

Puluhan kendaraan dari arah Palembang, diminta putar balik oleh petugas karena tak membawa dokumen perjalanan.

Baca juga: Pemerintah Berlakukan Larangan Mudik Lebaran Tetapi Ada Prediksi Puncak Arus Balik di Tanggal Ini

"Pengendara yang diminta putar balik, mereka bukan mudik. Tapi mereka tidak membawa Surat Izin Keluar Masuk atau SIKM," kata Kapolsek Pemulutan, Iptu Iklil Alanuari melalui Ps Kanit Provos, Aipda Marwan Syarif, Kamis (13/5/2021).

SIKM yang dimaksud yakni berasal dari instansi, lembaga atau perusahaan tempat bekerja maupun dari perangkat desa maupun kelurahan asal pengendara.

Hari ini, petugas mencatat ada 19 kendaraan roda empat yang diminta putar balik. "Alasannya itu tadi, tidak bawa SIKM," kata Marwan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Sumsel
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved