Breaking News:

Berkeliling Yon Armed 9 Pasopati Kostrad Jajal Komodo, Kendaraan Tempur Buatan Pindad

Komodo merupakan varian kendaraan yang didesain untuk misi pengintaian. Komodo dirancang untuk bergerak cepat dan tepat pada misinya.

Tribun Jabar/ Muhamad Nandri Prilatama
Kendaraan Komodo di Yon Armed 9 Pasopati Kostrad 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Nandri Prilatama

TRIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA - Pernahkah kalian menaiki kendaraan taktis yang biasa digunakan untuk berperang? Ya, Komodo merupakan varian kendaraan yang didesain untuk misi pengintaian. Komodo dirancang untuk bergerak cepat dan tepat pada misinya.

Berdasarkan keterangan, Komodo miliki panjang 5,6 meter, lebar 2,2 meter, tinggi 2,1 metee, dan berat 5,8 ton, berdaya angkut 4 orang di dalamnya bisa terhubung dengan pasukan lain lewat komunikasi radio VHF dan HF.

Tribun Jabar mencoba merasakan masuk ke dalam kendaraan Komodo ini dan secara langsung dikemudikan oleh Danyon Armed 9 Pasopati Kostrad, Letkol Arm Andi Achmad Afandi berkeliling sekitar Yon Armed 9 Pasopati Kostrad Purwakarta.

Baca juga: Maung Pindad Akan Jadi Kendaraan Operasional Bupati Jember, Diharap Jadi Motivasi Daerah Lain

Terasa sekali saat berada di dalam Komodo keamanannya karena memang kendaraan ini antipeluru dan lainnya.

Komodo dilengkapi dengan mesin diesel 215 HP dengan turbo charger intercooler secara manual dan mampu melaju mencapai top speed 80 kilometer per jam di jalan raya dengan daya jelajah sejauh 450 kilometer.

Kendaraan Komodo ini buatan anak bangsa diproduksi PT Pindad yang bertujuan salahsatu kendaraan tempur untuk pertahanan negara. Kendaraan ini miliki GPS Thermal Vision sehingga membantu pengemudi dalam mengoperasikan kendaraan di situasi keadaan gelap malam hari.

Baca juga: Luhut Minta Pindad Kembangkan Mesin Penanam Singkong dan Robot Penanam Padi

Penulis: Muhamad Nandri Prilatama
Editor: Seli Andina Miranti
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved