Breaking News:

Karena Hal Ini, Polresta Cirebon Tambah Personel di Posko Penyekatan Hingga 3 Kali Lipat

Jika setiap posko dijaga 90-an personel selama 24 jam, kali ini dalam satu sif petugas yang disiagakan mencapai 100-an orang

Tribun Cirebon/ Ahmad Imam Baehaqi
Sejumlah petugas saat mengarahkan pengendara untuk memutar balik di posko penyekatan Weru, Jalan Otista, Kabupaten Cirebon, Senin (10/5/2021) dinihari. 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Ahmad Imam Baehaqi

TRIBUNJABAR.ID, CIREBON - Jajaran Polresta Cirebon menambah jumlah personel di posko penyekatan mudik Lebaran 2021.

Hal tersebut untuk memaksimalkan penyekatan kendaraan bermotor yang terindikasi mudik.

Kapolresta Cirebon, Kombes Pol M Syahduddi, mengatakan, penambahan personel di posko penyekatan mencapai dua hingga tiga kali lipat.

Jika setiap posko dijaga 90-an personel selama 24 jam dan dibagi menjadi tiga sif, maka kali ini dalam satu sif petugas yang disiagakan mencapai 100-an orang.

"Tapi bisa lebih, saat ini kami menyiagakan 150 personel gabungan di posko penyekatan Weru," ujar M Syahduddi saat ditemui di posko penyekatan Weru, Jalan Otista, Kabupaten Cirebon, Senin (10/5/2021) dinihari.

Ia mengatakan, penambahan personel tersebut berdasarkan hasil identifikasi jajarannya mengenai padatnya pengendara motor berpelat luar Cirebon dari arah Jakarta di wilayah Kabupaten Cirebon pada malam hingga dinihari.

Bahkan, posko utama Operasi Ketupat Lodaya 2021 Polresta Cirebon juga kerap menerima laporan tersebut dari petugas di lapangan.

Baca juga: Masih Banyak Pemudik yang Nekat, Semalam Ribuan Pemudik Diminta Putar Balik di Cirebon

Selain itu, mereka juga bergerombol cukup banyak saat melintasi Kabupaten Cirebon sehingga petugas di posko penyekatan agak kesulitan untuk memeriksanya satu persatu.

Karenanya, pihaknya memperkuat personel agar penyekatan dapat berjalan secara maksimal meski jumlah pemudik yang melintas bertambah banyak.

"Skema penambahan personel juga mempertimbangkan skala prioritas di setiap posko penyekatan," kata M Syahduddi.

Misalnya, posko penyekatan Rawagatel dan Ciwaringin yang muaranya ke Weru sehingga penambahan personel diterapkan di posko penyekatan Weru.

Nantinya, sebagian personel dari posko penyekatan Rawagatel dan Ciwaringin ke posko penyekatan Weru.

Baca juga: Jalan Kaki Gombong-Bandung Ternyata Cuma Akal-akalan Agar Tuai Simpati, Idenya dari Siapa?

Syahduddi menyampaikan, petugas yang disiagakan di pos pengamanan di Palimanan, Sumber, Gebang, dan lainnya akan digeser untuk memperkuat ke posko penyekatan.

"Saat ini, penambahan personel diterapkan di posko penyekatan Weru dan Losari, sehingga pemudik yang lolos akan terjaring ke posko lainnya," ujar M Syabduddi.

Penulis: Ahmad Imam Baehaqi
Editor: Seli Andina Miranti
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved