Masjid Raya Bandung Provinsi Jawa Barat Pastikan Tetap Menggelar Salat Idulfitri, Ini Syaratnya

Salat Idulfitri 1442 H akan tetap digelar di Masjid Raya Bandung, dengan pengetatan protokol kesehatan.

Penulis: Cipta Permana | Editor: Hermawan Aksan
Tribun Jabar
Salat Tarawih malam pertama Ramadan 1442 di Masjid Raya Jabar, Senin (12/4/2021). DKM Masjid Raya Bandung Provinsi Jawa Barat memutuskan tetap akan menggelar salat Idulfitri. 

Laporan wartawan Tribun Jabar.id, Cipta Permana

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Kementerian Agama telah mengeluarkan kebijakan aturan tentang tidak tidak bolehnya salat Idulfitri berjemaah di masjid dan lapangan terbuka bagi masyarakat yang tinggal di daerah zona merah dan oranye.

Hal itu sesuai dengan surat edaran nomor 7 Tahun 2021 terkait penyelenggaraan salat Idulfitri 1442 H/2021 M di masa pandemi Covid-19.

Namun, DKM Masjid Raya Bandung Provinsi Jawa Barat memutuskan tetap akan menggelar salat Idulfitri.

Baca juga: Daerah Ini Tetap Gelar Salat Idulfitri di Alun-alun, Siapkan Pasukan Khusus untuk Penjagaan

Ketua DKM Masjid Raya Bandung Provinsi Jawa Barat, Muhtar Gandaatmaja, menegaskan, salat Idulfitri 1442 H akan tetap digelar pihaknya, dengan pengetatan protokol kesehatan.

"Insyaallah ibadah salat Idulfitri nanti 1 Syawal 1442 H akan tetap dilaksanakan di Masjid Raya Bandung Provinsi Jawa Barat," ujarnya saat dihubungi melalui telepon, Minggu (9/5/2021).

"Persiapan yang telah kami lakukan adalah penerapan protokol kesehatan berupa pemeriksaan kondisi suhu tubuh jemaah yang terletak di setiap pintu masuk timur, utara, dan selatan masjid dan penyemprotan disinfektan secara rutin di setiap ruangan."

"Kami pun telah mempersiapkan masker bagi jemaah yang akan melaksanakan ibadah."

Tentang pembatasan jumlah jemaah, Muhtar mengatakan, meksipun pihaknya tidak menerapkan aturan tersebut secara tertulis atau sosialisasi di berbagai media massa, atas kesadaran jemaah sendiri hal tersebut secara otomatis telah dilakukan oleh jemaah.

Hal itu terbukti saat penyelenggaraan ibadah salat Jumat dan ibadah lainnya selama bulan Ramadan di Masjid Raya Bandung Provinsi Jawa Barat tersebut.

"Kapasitas jemaah di Masjid Raya Bandung Provinsi Jawa Barat ini dalam kondisi normal mampu menampung hingga 14 ribu orang."

"Setelah pandemi Covid-19 saat ini, tanpa kami larang atau berikan imbauan pembatasan jumlah pun, mereka sudah 'menghilang' lebih dari separuhnya karena kesadaran masyarakat."

"Bahkan kemarin juga jemaah salat Jumat di bulan Ramadan saja yang biasanya penuh hingga keluar pelataran masjid, ini maksimal hanya sekitar 2.000-an orang."

"Jadi salat Idulfitri pun kami tidak bisa batasi, silakan sebanyak-banyaknya, tapi bisa kami prediksi paling banyak nanti hanya sekitar 2.500-an," ucapnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved