Breaking News:

Coffee Break

Coffee Break Tribun Jabar Minggu Ini: Tahun Ini Saya tidak Mudik Lebaran

UNTUK kali pertama saya tidak mudik Lebaran. Maksud saya, tidak mudik di hari-hari menjelang Lebaran.

Penulis: Hermawan Aksan | Editor: Hermawan Aksan
Coffee Break Tribun Jabar Minggu Ini: Tahun Ini Saya tidak Mudik Lebaran
istimewa
Hermawan Aksan, Wartawan Tribun Jabar

Oleh Hermawan Aksan

UNTUK kali pertama saya tidak mudik Lebaran. Maksud saya, tidak mudik di hari-hari menjelang Lebaran. Saya sudah pulang kampung pada pekan kedua Ramadan setelah mendapat vaksin kedua di Balai Kota Bandung karena sudah beberapa bulan terakhir kantor kami, termasuk redaksi, menerapkan kebijakan bekerja dari rumah.

Tahun lalu saya masih mudik seminggu sebelum Lebaran, padahal saat itu sudah berlangsung penyekatan-penyekatan karena kebijakan larangan mudik Lebaran.

Saya pernah menuliskan cerita kepulangan saya naik sepeda motor berdua dengan keponakan saya yang bekerja di Bandung, melalui jalur selatan, melewati Nagreg, Gentong, Tasikmalaya, Ciamis, Banjar, masuk Jawa Tengah, dan seterusnya.

Baca juga: Coffee Break Tribun Jabar Minggu Ini: (Hari) Pendidikan yang Masuk Akal

Saya bisa berkumpul dengan istri dan anak-anak meskipun tidak lengkap karena putri pertama kami tidak bisa pulang. Dia bekerja di Jakarta dan sulit untuk mudik.

Kami berkumpul di hari Lebaran, tapi kami tidak ikut salat Id di masjid. Kami melaksanakan salat Id di rumah, lalu tidak pergi ke mana-mana sebagaimana Lebaran tahun-tahun sebelumnya, bahkan tidak bersimpuh di depan orang tua di desa yang jaraknya hanya 16 kilometer dari rumah kami di kota kecil Bumiayu.

Seperti tahun kemarin, tahun ini pun putri pertama kami yang di Jakarta tidak bisa pulang karena penerapan larangan mudik mulai 6 Mei hingga 17 Mei 2021. Jadi, pada Lebaran kali ini komposisi keluarga kami sama dengan tahun lalu.

Baca juga: Coffee Break Tribun Jabar Minggu Ini: Maju-Mundur Larangan Mudik

Pada Lebaran tahun ini pun kami sudah merencanakan tidak pergi ke mana-mana. Mungkin saya ikut salat Id di masjid, tapi kemudian tetap di rumah. Kami berencana sowan ke rumah Bapak dan Ibu setelah Lebaran.

Oh, ya, keponakan saya, yang kami asuh sejak 12 tahun lalu, pulang dengan moda seperti tahun lalu: naik sepeda motor lewat jalur selatan. Kali ini dia sendirian. Dia sengaja berangkat dari Bandung setelah makan sahur, sebenarnya pulang dengan spekulasi. Media massa begitu gencar memberitakan bahwa penyekatan tahun ini akan berlangsung lebih ketat. Titik pemeriksaan akan dijaga selama 24 jam sehari. “Bahkan tikus pun tidak akan bisa lewat jalan tikus,” kata seorang pejabat tingkat provinsi.

Di laman berita internet dan televisi memang banyak sekali kejadian pemudik yang diminta putar balik karena tidak dilengkapi dengan dokumen yang diperlukan. Tampaknya banyak trik yang dilakukan para pemudik meskipun polisi juga tidak kalah cerdik.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved